Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Picasso Hilang dalam Waktu 7 Menit

Kompas.com - 09/01/2012, 23:38 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

ATHENA, KOMPAS.com Tiga lukisan karya para pelukis ternama, yakni Pablo Picasso, Piet Mondrian, dan Guglielmo Caccia, dicuri dari museum Galeri Seni Nasional Yunani di Athena, Senin (9/1/2012) dini hari, dalam aksi pencurian yang dirancang dengan matang.

Polisi mengatakan, para maling itu masuk museum dari pintu balkon dan mencopot lukisan-lukisan dari pigura masing-masing. Pihak museum belum bisa memperkirakan nilai tiga lukisan yang dicuri tersebut.

Menurut polisi, pencurian itu terkesan telah direncanakan dengan matang jauh-jauh hari. Untuk mengecoh penjaga, gerombolan maling sengaja menyalakan alarm bangunan museum, yang dijaga ketat, tersebut, beberapa kali sejak Minggu (8/1/2012) petang tanpa memasuki gedung.

Mengira alarm-alarm tersebut rusak, penjaga museum mematikan paling tidak salah satu alarm. Saat mereka benar-benar masuk ke ruang pamer museum, alarm kembali menyala. Namun, saat penjaga tiba di ruangan tersebut, mereka hanya bisa melihat salah satu pencuri melarikan diri.

Menurut polisi, seluruh aksi pencurian ini terjadi hanya dalam waktu tujuh menit.

Salah satu lukisan yang dicuri adalah lukisan kubisme karya Picasso, yang disumbangkan pelukis Spanyol itu kepada Yunani pada 1949. Itu dilakukan sebagai tanda terima kasih kepada rakyat Yunani atas perlawanan mereka terhadap pasukan pendudukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Satu lukisan lagi adalah lukisan cat minyak dari tahun 1905 bergambar pemandangan dan kincir angin karya Piet Mondrian, yang di kemudian hari dikenal dengan lukisan-lukisan abstrak linearnya. Satu lukisan lagi adalah gambar sketsa sosok St Diego de Alcala menggunakan tinta dan pen, karya pelukis abad ke-16 dari Italia, Guglielmo Caccia.

Satu lagi lukisan Mondrian berhasil dilepas dari piguranya, tetapi tidak sempat dibawa lari oleh para maling. (AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com