Selasa, 23 Desember 2014

News / Internasional

Rekor Baru

China Bangun Hotel 30 Lantai Dalam 15 Hari

Senin, 9 Januari 2012 | 09:47 WIB

CHANGSHA, KOMPAS.com - China tak berhenti mencetak rekor-rekor sangat mengesankan dalam sejarah peradaban dunia moderen. Negara tirai bambu itu telah bertranformasi jadi negara super power abad ke-21 dengan komputer-komputer super dan ekonomi super yang membuat negara-negara lain di dunia iri.

Kini China punya rekor lain, yaitu sebagai pembangun gedung tercepat di planet ini. Sebuah perusahaan konstruksi China, sebagaimana diberitakan Daily Mail, Minggu (8/1/2012), baru saja sukses membangun sebuah hotel 30-lantai seluas 55.7784 meter persegi hanya dalam waktu 15 hari, atau 360 jam. Hebatnya lagi, para pekerja yang membangun gedung di kota Changsha di China selatan itu mampu mencatatkan prestasi luar biasa itu dengan tanpa seorang pun cedera.

Bangunan tersebut merupakan Ark Hotel yang terletak di pinggiran danau Dongting, di Provinsi Hunan. Konstruksinya dikerjakan oleh Broad Grup, sebuah perusahaan konstruksi China yang mengkhususkan diri dalam arsitektur berkelanjutan.

Menurut Akademi Penelitian Bangunan China, hotel itu dirancang untuk tahan gempa dasyat hingga berkekuatan 9,0. Dengan demikian, bangunan hotel itu lima kali lebih tahan gempa ketimbang bangunan konvensional.

Rekor pembangunan gedung tercepat di China sebelumnya tercatat untuk sebuah bangunan 15 lantai yang dibangun hanya dalam waktu enam hari. Namun pembangunan kali ini jauh lebih impresif, kata Daily Mail.


Editor : Egidius Patnistik