Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Pesta Ulang Tahun Kim Jong Un

Kompas.com - 06/01/2012, 16:09 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Pemimpin baru Korea Utara Kim Jong Un berulang tahun dua hari lagi. Hal ini menimbulkan keingintahuan soal bagaimana negara itu akan merayakannya di tengah masa berkabung atas meninggalnya Kim Jong Il.

Ulang tahun Kim Jong Un jatuh pada Minggu, 8 Januari. Kim muda itu kini sedang mengonsolidasikan kekuasaan yang diwarisinya setelah kematian sang ayah bulan lalu. Usia tepat Kim Jong Un masih simpang siur sebab tidak pernah ada pernyataan resmi dari pemerintah. Ada yang mengatakan, dia dilahirkan pada 1984, tetapi yang lain menyebut dia lahir pada 1983.

Saat ini media negara telah menggiatkan kampanye untuk menjadikan sang pemimpin muda itu sebagai idola baru demi memastikan mulusnya suksesi kepemimpinan dari ayah ke anak tersebut. Seperti Kim Jong Un, Kim Jong Il juga mewarisi negara dengan 24 juta orang itu dari ayahnya, Kim Il Sung, yang juga pendiri negara Korea Utara. Kim Il Sung meninggal pada 1994.

Media negara telah memuji Kim Jong Un sebagai "pemimpin yang luar biasa" dan "matahari lain yang agung". Namun, hingga kini belum ada pernyataan tentang ulang tahun si pemimpin muda.

Hingga saat ini tanggal kelahirannya belum dimasukkan sebagai hari istimewa pada kalender 2012 Korea Utara. Belum jelas apakah Korea Utara akan meningkatkan status tanggal ulang tahun Kim Jong Un. Selama ini hari ulang tahun ayah dan kakeknya ditetapkan sebagai hari besar paling
istimewa bagi rakyat Korea Utara.

Korea Utara diperkirakan mengalami dilema untuk merayakan ulang tahun Kim Jong Un yang jatuh hanya beberapa pekan setelah perkabungan nasional atas meninggalnya sang ayah. "Korea Utara kemungkinan tidak menggelar perayaan besar untuk ulang tahun Kim, mengingat waktu kematian ayahnya yang belum lama," kata Kim Sun Min, seorang pembelot yang kini mengelola radio anti-Pyongyang di Seoul, seperti dikutip kantor berita Yonhap, Jumat (6/1/2012).

Namun, ada juga yang memperkirakan Utara akan memanfaatkan momentum ulang tahun Kim Jong Un untuk mengangkat kepemimpinannya dan menjadikannya sebagai tokoh yang dikultuskan seperti ayah dan kakeknya. Saat ini Pyongyang sudah meluncurkan perangko bergambar Kim Jong Un.

Pemerintah Pyongyang dilaporkan menggelar perayaan ulang tahun Kim Jong Un pada Januari 2011 lalu. Perayaan itu digelar beberapa bulan setelah dia dilantik menjadi jenderal bintang empat dan ditunjuk sebagai wakil ketua Partai Pekerja yang berkuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com