Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney - Santorum Bersaing Ketat di Iowa

Kompas.com - 04/01/2012, 15:02 WIB

DES MOINES, KOMPAS.com - Secara tidak terduga Rick Santorum berhasil menggagalkan upaya Mitt Romney mendominasi kaukus Iowa, yang mengawali proses pemilihan calon presiden dari Partai Republik, Selasa (3/1/2012).

Huffington Post melaporkan, berdasarkan laporan dari 99,5 persen tempat pemungutan suara, keduanya sama-sama memperoleh 24,6 persen suara. Selisih keduanya hanya delapan suara. Romney mendapatkan 30.015 suara, sementara Santorum 30.007 suara.

Tempat ketiga diduduki oleh anggota Kongres dari Texas, Ron Paul, yang mendapatkan 21 persen suara. Sementara itu mantan ketua DPR AS, Newt Gingrich hanya berhasil meraih 13 persen suara, Gubernur Texas Rick Perry 10 persen, anggota DPR Michelle Bachmann 5 persen, dan mantan gubernur Utah John Huntsman mendapat 1 persen suara.

Dengan cadangan dana yang masih melimpah dan infrastruktur kampanye yang kuat Romney memiliki peluang lebih bagus ketimbang pesaing-pesaingnya, sekalipun dia terus menghadapi ketidakpercayaan dari kalangan konservatif.

Hasil jajak pendapat selama ini menunjukkan Romney memang mengungguli para pesaingnya. Dipandang sebagai favorit di kalangan pebisnis Partai Republik, Romney diprediksi bakal unggul di primary (pemungutan suara) di New Hampshire pekan depan. Dia juga dinilai memiliki sumber daya kuat untuk bertarung di negara-negara bagian yang besar seperti Florida pada akhir bulan ini.

Sementara itu Santorum membuat lonjakan mengejutkan sebagai salah satu kandidat favorit dari kalangan konservatif meskipun selama ini dia berada urutan belakang bursa pencalonan di Republik.

Keunggulanya di Iowa ini tampaknya tak lepas dari ketekunannya berkampanye di 99 wilayah di Iowa yang merupakan salah satu basis besar kalangan konservatif Kristen. Selain menegaskan oposisinya terhadap pernikahan sesama jenis, Santorum "menjual" kehidupan keluarganya yang tujuh putranya mendapat pendidikan home schooling.

"Pertarungan berlanjut," katanya mantan senator Pennsylvania itu kepada para pendukungnya setelah keunggulannya di Iowa mulai tampak. Santorum tampak percaya diri meskipun berdana minim dan tidak memiliki infrastruktur kuat untuk berkampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com