Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitt Romney Janji Memveto RUU Imigran

Kompas.com - 02/01/2012, 02:17 WIB

Le Mars, Sabtu - Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney mendapat sambutan meriah dari kelompok konservatif di Iowa, Sabtu (31/12), saat mengatakan akan memveto proposal undang-undang imigran yang tengah digodok Kongres jika terpilih sebagai presiden Amerika Serikat.

Proposal UU imigran yang dikenal sebagai ”UU Impian” itu mengatur pemberian kewarganegaraan kepada imigran ilegal yang telah masuk AS sejak anak-anak dan bersekolah di negeri itu.

Sambutan meriah ini diterima Romney hanya tiga hari menjelang kaukus di Iowa. Pada 3 Januari, Iowa menjadi negara bagian pertama yang menggelar pemilihan pendahuluan untuk menentukan nominasi calon presiden AS dari Partai Republik.

Dalam pertemuan di sebuah restoran yang dipenuhi pendukung Romney di Le Mars, Iowa, seorang perempuan muda menanyakan sikap Romney terhadap UU Impian. ”Jika saya terpilih dan Kongres meloloskan UU Impian, maka, ya, saya akan memvetonya,” kata Romney.

”Ide untuk memberikan keuntungan kepada mereka yang datang ke negeri ini secara ilegal bertentangan dengan peraturan di negeri ini. Jika saya presiden AS, saya akan menghentikan imigrasi ilegal untuk melindungi imigrasi yang legal,” ujarnya.

Pernyataan itu disambut meriah di Le Mars, jantung kelompok konservatif di Iowa, dan juga di Sioux City. Meski tidak terkait langsung, dukungan bagi kandidat yang semula dianggap terlalu moderat ini bertahan di posisi teratas jelang kaukus.

Jajak pendapat selama empat hari yang diadakan Des Moines Register memperlihatkan, Romney memimpin dengan dukungan 24 persen. Mantan senator Roick Santorum, yang sebelumnya di urutan ketiga, naik ke urutan kedua dengan 21 persen berkat dukungan kelompok Kristen konservatif Iowa.

Anggota DPR AS asal Texas, Ron Paul, di urutan ketiga dengan 18 persen, disusul mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich (12 persen). Pemenang di Iowa belum tentu meraih nominasi akhir, tetapi bisa menambah motivasi. (AP/AFP/REUTERS/WAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com