Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Uji Coba Rudal Terbaru

Kompas.com - 01/01/2012, 22:11 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com- Iran akhirnya benar-benar menjajal rudal terbarunya dalam latihan militer di sekitar Selat Hormuz, Minggu (1/1/2012). Rudal darat ke udara tersebut dikabarkan memiliki kemampuan mengelak dari sistem pengacak sinyal navigasi yang memandunya menuju sasaran.

Stasiun televisi nasional Iran menyebutkan, nama rudal yang diuji coba itu Mehrab, atau Altar, dan dirancang sendiri oleh para ilmuwan Iran. "Rudal ini dilengkapi teknologi terbaru dan sistem internal yang membuatnya mampu mengalahkan sistem jammers," tutur juru bicara Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Mahmoud Mousavi kepada televisi nasional.

Uji coba rudal ini dilakukan sehari setelah pihak AL Iran mengatakan akan menunda uji penembakan rudal, Sabtu (31/12/2011) dan para juru rundingnya mengaku siap menggelar perundingan lagi soal program nuklir Iran dengan negara-negara P5+1 (AS, Inggris, Perancis, China, Rusia, dan Jerman).

Iran menggelar latihan perang laut besar-besaran selama 10 hari sejak 24 Desember 2011 lalu. Latihan itu digelar di kawasan perairan internasional yang terentang sepanjang 2.000 kilometer di luar Selat Hormuz, termasuk sebagian kawasan Samudera Hindia dan Teluk Aden.

Pekan lalu, Iran secara terbuka melontarkan ancaman akan menutup Selat Hormuz, yang menjadi jalur penting suplai minyak dunia, apabila negara-negara Barat menjatuhkan sanksi baru kepada Iran terkait program nuklirnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com