Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Pesta Tahun Baru Dimulai di Samoa

Kompas.com - 31/12/2011, 20:23 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

APIA, KOMPAS.com -- Warga Samoa dan Tokelau, dua negara pulau nan mungil di tengah Samudera Pasifik, menjadi warga pertama dunia yang merayakan Tahun Baru 2012 malam ini.

Dua negara, yang memutuskan pindah zona waktu dari sebelumnya berada di sebelah timur Garis Tanggal Internasional ke sebelah barat garis penanda pergantian hari itu, menghilangkan satu hari dalam penanggalan tahun 2011 mereka, yakni hari Jumat tanggal 30 Desember.

Sebelum keputusan ini dibuat, hari ini masih hari Jumat buat warga dua kepulauan tersebut, dan mereka biasanya menjadi warga terakhir di dunia yang merayakan pergantian tahun. Namun, malam ini, mereka menjadi yang pertama menyambut tanggal 1 Januari 2012.

Keputusan ini diambil untuk menyesuaikan ritme hidup mereka dengan warga Selandia Baru dan Australia, yang beberapa tahun belakangan menjadi mitra dagang paling kuat.

Di Selandia Baru, pesta kembang api di Sky Tower, Auckland, tetap mewarnai pergantian tahun yang berlangsung tengah malam waktu setempat atau pukul 18.00 WIB sore ini tadi. Hujan yang turun di negara itu membuat pesta di ruang terbuka di Palmerston North, Mount Maunganui, Rotorua dan kawasan tepi pantai Wellington dibatalkan.

Setelah Selandia Baru, kota besar dunia lain yang akan menyusul memasuki tahun 2012 adalah Sydney, Australia, yang sudah menyiapkan pesta kembang api berbiaya jutaan dollar.

Kota-kota besar lainnya di seluruh dunia pun bersiap menyambut Tahun Baru dengan kemeriahan masing-masing. Selamat datang, 2012!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com