Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam Nerpa Siap Dikirim ke India

Kompas.com - 29/12/2011, 14:06 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Kapal selam Nerpa buatan Rusia sudah selesai menjalani berbagai uji pelayaran dan saat ini sudah siap dikirim ke Angkatan Laut India. Demikian diungkapkan pejabat galangan kapal Amur, Rusia timur, Rabu (28/12/2011).

"Kapal selam itu sekarang sudah sepenuhnya siap menjalankan tugas. Kapal akan diserahterimakan sebelum akhir tahun ini," tutur pejabat yang tak disebutkan namanya itu kepada kantor berita RIA Novosti.

Nerpa adalah kapal selam bertenaga nuklir kelas Akula-II yang memiliki panjang 110 meter, lebar 9 meter, dan tinggi 14 meter. Kapal yang mampu menyelam selama 100 hari berturut-turut ini disewakan ke AL India selama 10 tahun dengan nilai kontrak 920 juta dollar AS (Rp8,4 triliun), dan akan diberi nama INS Chakra.

India adalah negara keenam di dunia yang mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir, setelah AS, Rusia, Perancis, Inggris, dan China. Negara itu juga sudah mampu membuat sendiri kapal selam bertenaga nuklir.

Kapal Nerpa seharusnya dikirim ke India pada 2008, tetapi sebuah kecelakaan yang menewaskan 20 orang saat kapal itu menjalani uji pelayaran di Laut Jepang membuat pengiriman ditunda.

Sumber: RIA Novosti

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com