Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Korban dari Luar Wilayah Banjir Filipina

Kompas.com - 26/12/2011, 11:32 WIB
M.Latief

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Para neyalan yang bergabung dengan angkatan laut, polisi dan pemadam kebakaran memperluas pencarian korban banjir terburuk yang menenggelamkan beberapa desa di negara tersebut. Temuan mayat yang terdampar menambah daftar temuan korban hingga 1.200 jiwa.

Juru bicara pemerintah Filipina dari Dinas Pertahanan Sipil, Benito Ramos, Senin (26/12/2011), mengatakan, di saat lebih dari 60.000 orang kehilangan rumah dan larut dalam kesedihan merayakan Natal di sekolah-sekolah dan gimnasium sebagai penampungannya, tim pencari menemukan kembali 150 mayat korban di laut yang jaraknya 60 mil atau sekitar 150 kilometer dari kota yang paling buruk terkena dampak banjir itu, yaitu Cagayan de Oro dan Iligan. 

Ramos menambahkan, membutuhkan 3-6 bulan untuk memperbaiki kondisi kota dan membangun tempat-tempat tinggal sementara ke keadaan normal. Saat ini, beberapa sekolah terpaksa dijadikan tempat penampungan bagi para korban selamat.

Ia menyebutkan, jumlah mayat hingga Senin ini mencapai 1.236 korban, dan dua atau tiga di antaranya belum bisa dikenali identitasnya. Dengan semakin banyak ditemukannya korban banjir dari daerah-daerah yang jauh, lanjut Ramos, pihak pemerintah setempat meminta bantuan nelayan untuk terus mencari.

"Kami menyetop penghitungan korban yang hilang. Tidak ada sosok korban yang akurat," ujar Ramos.

"Kami tak tahu siapa mereka. Kami punya sistem di tempat kami sendiri sehingga pihak keluarga bisa mengenali korban-korban itu nanti berdasarkan sidik jari dan data rekam giginya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com