Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS dan Al Azhar Kaji Manajemen Haji

Kompas.com - 23/12/2011, 17:00 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) akan menjalin kerja sama dengan Pusat Studi Ekonomi Islam Sholih Kamil di Al Azhar Universiti untuk mengkaji tentang manajemen haji, baik di Mesir maupun di Indonesia.

Diharapkan hasil kajian ini akan memberi manfaat bagi para pengambil kebijakan. Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan antara rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi dan Prof. Dr. Musthafa Dasuki, dari Pusat Studi Studi Ekonomi Islam Sholih Kamil di Al Azhar University pada hari Kamis (22/12/2011) di Kairo.

"Kedua negara memiliki penduduk muslim terbesar, dan memiliki beberapa permasalahan yang sama tentang manajemen haji. Karena itu, kami sepakat untuk bersama-sama mengkaji masalah ini," kata Ravik, seperti dilaporkan koresponden Kompas Mustafa Abd Rahman dari Kairo.

UNS juga mencapai kesepatan dengan Canal Suez University (CSU) di kota Ismailia (sekitar 110 km arah timur kota Kairo) untuk mendirikan Pusat Studi Indonesia di perguruan tinggi tersebut. Ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang sudah dirintis sejak 2010. "Kami siap memback-up semua tahapan prosesnya," kata Ravik Karsidi, Rektor UNS.

Tahun lalu, CSU juga membantu UNS mendirikan Jurusan Sastra Arab di UNS. Kedua universitas juga sudah saling bertukar mahasiswa. Rektor terpilih 'Ain Shams University di kota Kairo, Prof. Dr. Dr. Aala Fayez Hamzah menyambut baik pula penanda tanganan Memorandum of Understanding kerjasama dengan UNS.

"Kami sudah bertemu dengan rektor terpilih maupun pelaksana tugas rektor Ain Shams, dan beberapa dekan. Kami sepakat mengadakan kerjasama akademik dengan Fakultas Teknik, Fakultas Adab, dan Fakultas Ekonomi" kata Ravik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com