Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Washi Juga Berimbas ke Yogyakarta

Kompas.com - 21/12/2011, 17:08 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Badai tropis Washi yang menyebabkan ratusan korban jiwa di Filipina berimbas ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Staf Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Yogyakarta Agus Triyanto, saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu (21/12/2011), mengatakan, badai tropis tersebut secara tidak langsung memengaruhi cuaca di Daerah Istimewa Yogyakarta karena jumlah curah hujan berkurang pada Desember 2011.

"Badai Washi membuat massa udara yang membawa uap air tertahan di sejumlah wilayah karena badai tersebut mendekati perairan Indonesia sebelah utara," kata dia.

Namun, lanjut Agus, kekuatan badai Washi semakin melemah sehingga curah hujan diprediksi kembali normal atau bertambah banyak dalam beberapa hari ke depan.

"Dampak badai Washi ke wilayah Jawa semakin berkurang ke arah punah sehingga curah hujan yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari ke depan sama dengan yang terjadi pada tahun lalu," katanya.

Agus mengungkapkan, hasil pantauan citra satelit BMKG menunjukkan, hujan pada Rabu hari ini banyak terjadi di DIY sebelah utara atau Sleman dan kawasan selatan DIY atau Bantul.

Menurutnya, hujan di kawasan utara DIY diprediksi terjadi pada siang hari, sedangkan hujan di kawasan selatan DIY diprediksi terjadi pada sore hingga malam hari.

"Hujan di DIY terjadi secara merata. Untuk kawasan DIY sebelah utara, hujan orografis terjadi siang hari atau lebih cepat dibanding kawasan lain karena pengaruh kondisi topografis yang berdekatan dengan Gunung Merapi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com