Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pejabat adalah Pelayan Sejati Rakyat"

Kompas.com - 20/12/2011, 09:05 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il, yang meninggal dunia pada Sabtu (17/12/2011), tampil di depan publik untuk kali terakhir  di supermarket di Pyongyang, Kamis (15/12/2011), menurut surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo.

Dalam sebuah foto yang dilaporkan diambil pada kunjungan itu, Kim tampak menuruni eskalator di supermarket yang menurut Chosun Ilbo merupakan supermarket pertama di Utara.

Harian itu mengatakan, kunjungan itulah yang dirujuk media pemerintah sebagai bagian dari "tur pengarahan lapangan" terakhir yang dilakukan pemimpin berusia 69 tahun itu.

Dalam foto itu tampak bahwa sang putra mahkota, Kim Jong Un berada dalam rombongan tersebut. Begitu juga dengan adik Kim Jong Il, Kim Kyong Hui, berdiri tepat di belakang sang pemimpin. Sementara suami Kim Kyong Hui, Jang Song Thaek, berdiri dua baris di belakang Jong Un.

Kantor berita pemerintah Korean Central News Agency (KCNA) menyebut, supermarket itu sebelumnya merupakan department store yang "direnovasi atas inisiatif dan perhatian yang ditunjukkan oleh Kim Jong Il kepada kesejahteraan rakyat dan peningkatan standar hidup mereka".

Menurut KCNA, Kim mengunjungi supermarket itu dan melihat-lihat produk-produk yang dijual serta rencana penjualan. "Ini merupakan kehendak dan itikad yang kuat dari Partai untuk menyediakan yang terbaik bagi rakyat," ujar Kim, seperti dikutip KCNA.

"Para pejabat harus menjadi pelayan sejati bagi rakyat, yang menyediakan barang-barang bagus bagi mereka (pejabat) dan mengkhawatirkan kehidupan mereka ketimbang hal-hal lain," kata Kim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com