Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amor Kehilangan Desa, Rumah, dan Keluarganya

Kompas.com - 18/12/2011, 20:09 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

ILIGAN, KOMPAS.com - Bencana alam besar yang menewaskan banyak orang selalu menyisakan berbagai kisah sedih bagi para korbannya.

Salah satunya dialami seorang perempuan berusia 21 tahun, Amor Limbogo, yang saat banjir menerjang kampungnya tengah bekerja di salah satu toko yang ada di kawasan kota Cagayan de Oro. Kota itu adalah salah satu daerah yang terkena dampak paling parah akibat banjir besar yang dipicu badai Washi Jumat kemarin.

"Saat saya kembali, rumah kami sudah tidak ada lagi. Yang tersisa hanya genangan lumpur dan air sisa banjir," ujar Amor. Kedua orang tua dan tujuh orang saudara dan sepupu Amor tinggal di sebuah rumah tidak jauh dari sungai yang meluap di kota Cagayan de Oro.

Malam saat kejadian Amor mengaku sangat khawatir dan berupaya menelepon orang tuanya dari toko tempatnya bekerja. Untuk beberapa saat nada tersambung berbunyi namun tidak diangkat. Tidak lama kemudian telepon orangtuanya tidak dapat dihubungi sama sekali.

Dia lalu bergegas kembali pulang namun semua terlambat. Rumah tempatnya tinggal dan rencananya akan menjadi tempat kumpul keluarga saat makan malam Natal pekan depan telah lenyap tak bersisa berikut orang-orang yang ada di dalamnya. Saat badai dan banjir besar menghantam Jumat malam kemarin, kebanyakan warga sudah mulai tidur.

Banjir bandang membawa bebatuan dan dan batang-batang pohon besar tiba-tiba datang menyapu sejumlah desa. Dampak kerusakan yang ditimbulkan sangat lah mengerikan dan masih bisa terlihat dari sisa-sisa reruntuhan bangunan, bangkai-bangkai mobil yang terbalik, dan pohon-pohon tumbang yang terserak di berbagai lokasi bencana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com