Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radar Antirudal di Kaliningrad Beroperasi 2014

Kompas.com - 16/12/2011, 10:54 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com Stasiun radar antirudal Rusia yang dipasang di Kaliningrad—wilayah Rusia di Baltik—akan beroperasi penuh pada pertengahan 2014. Fasilitas ini dipasang untuk melawan ancaman sistem pertahanan rudal yang dipasang AS dan NATO di Eropa.

Demikian dinyatakan Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov dalam wawancara dengan surat kabar Rossiiskaya Gazeta, Jumat (16/12/2011). "Menurut estimasi kami, dibutuhkan waktu sekitar satu setengah tahun sampai fasilitas itu beroperasi penuh," tutur Serdyukov, seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

Fasilitas ini dibuka pada akhir November lalu. Upacara pembukaan fasilitas itu dihadiri langsung Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Rusia akan menggelar sistem radar dan rudal jelajah untuk melawan rencana program perisai rudal Eropa.

Saat beroperasi penuh nanti, sistem radar di Kaliningrad ini mampu memonitor 500 sasaran sekaligus yang tersebar hingga radius 6.000 kilometer secara simultan. Selain memasang radar canggih itu, Kementerian Pertahanan Rusia juga berencana memasang sistem rudal antiserangan udara S-400. (Sumber: RIA Novosti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com