Selasa, 2 September 2014

News / Internasional

Mantan Perdana Menteri Thailand

Thaksin Shinawatra Diisukan Dapat Hadiah Paspor

Jumat, 16 Desember 2011 | 10:28 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Dunia politik Thailand kembali diterpa isu hangat. Setelah pembunuhan salah satu pemimpin partai demokrat akhir pekan lalu, kini ada kabar Thaksin Shinawatra, mantan perdana menteri yang sekarang dilarang masuk Negeri Gajah Putih itu, telah mendapatkan paspor legal secara resmi. Dengan paspor itu, Thaksin Shinawatra, kakak Perdna Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra, berkesempatan kembali ke negaranya.

Juru bicara Partai Demokrat Chavanond Intarakomalyasut mengatakan hal itu ,seperti dimuat di Bangkok Post terbitan Jumat (16/12) pagi ini di halaman 3.

Wartawan Kompas, Neli Triana, dari Bangkok, melaporkn, Chavanond mengatakan, kemarin ia menerima surat elektronik dari staf Kementerian Luar Negeri Thailand, yang mengabarkan soal penerbitan paspor untuk pengusaha kaya yang kemudian mampu merebut suara rakyat dan sempat dinobatkan sebagai PM, sebelum kemudian terjerat masalah hukum itu.

Paspor diterbitkan pada 31 Oktober lalu. Paspor diisukan diterbitkan sebagai hadiah Tahun Baru bagi Thaksin.

Chavanond menegaskan, paspor tidak dapat diterbitkan tanpa izin dari Menteri Luar Negeri, yaitu Surapong Tovichaikchaikul. Jika benar Surapong memberi izin penerbitan paspor bagi Thaksin, Chavanond memastikan menteri itu melanggar hukum dan bisa dijatuhi sanksi.

Pemimpin Partai Demokrat, Abhisit Vejjajiva, menyatakan bahwa Surapong harus segera mengklarifikasi itu paspor tersebut. Namun, Surapong tidak bisa dihubungi oleh media hingga Jumat malam.


Penulis: Neli Triana
Editor : Agus Mulyadi