Sabtu, 22 November 2014

News / Internasional

Tentara AS Pulang dari Irak

Obama Ucapkan "Welcome Home!"

Kamis, 15 Desember 2011 | 15:38 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut kepulangan tentaranya dari Irak dan memuji pengabdian mereka selama ditugaskan di negara itu dalam sebuah upacara di Fort Bragg, North Carolina, Rabu (14/12/2011). Acara penyambutan itu sekaligus menandai berakhirnya perang Amerika di negara Timur Tengah itu.

"Sebagai panglima tertinggi dan atas nama bangsa yang berterima kasih, saya dengan bangga mengatakan dua kata ini, dan saya yakin keluarga kalian setuju—selamat datang. Selamat datang," kata Obama yang disambut sorak-sorai pasukannya.

Obama mengucapkan kata "welcome home" beberapa kali dalam pidatonya itu, seperti dilaporkan CNN, Kamis (15/12/2011). Dengan pidato itu, Obama sekaligus menunjukkan bahwa dia memenuhi janji kampanyenya pada 2008 bahwa dia akan mengakhiri perang Irak.

Obama, yang sejak awal menentang perang di Irak, menyatakan penghargaannya kepada para tentara baik yang pulang dengan selamat maupun yang tewas dalam perang yang berlangsung selama hampir sembilan tahun itu.

Pada pidatonya di Camp Lejeune, North Carolina, pada Januari 2009, Obama menyatakan, "Saya katakan dengan tegas, pada 31 Agustus 2010, misi tempur kita di Irak akan berakhir." Dan pada Agustus 2010, AS menarik pasukan tempur terakhirnya dari Irak.

Pada Oktober lalu, Obama mengumumkan bahwa semua tentara AS akan meninggalkan Irak pada 31 Desember 2011, tanggal yang sebelumnya disetujui oleh mantan Presiden George W Bush pada 2008.

Selama Perang Irak, hampir 4.500 tentara AS tewas dan 30.000 lainnya terluka, kata Obama yang menambahkan bahwa "angka-angka itu tidak bisa mengungkapkan sepenuhnya yang terjadi di Irak".

Berakhirnya misi militer AS itu akan ditandai dengan upacara penurunan bendera AS di Baghdad, Irak, pada Kamis (15/12/2011) waktu setempat. Menteri Pertahanan AS Leon Panetta pun sudah terbang ke Irak untuk menghadiri upacara tersebut.

Panetta juga dijadwalkan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dengan tentara AS dan menggelar konferensi pers bersama komandan tentara AS di Irak, Jenderal Lloyd Austin.


Editor : Kistyarini
Sumber: