Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Irak Berakhir Hari Ini

Kompas.com - 15/12/2011, 15:25 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BAGHDAD, KOMPAS.com -— Perang Irak dinyatakan berakhir hari ini, Kamis (15/12/2011), ditandai dengan pernyataan penutupan misi militer pasukan Amerika Serikat di Irak oleh Menteri Pertahanan AS Leon Panetta. Penutupan misi ini dua minggu lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Panetta sudah berada di Baghdad, Irak, dalam perjalanan yang dirahasiakan sebelumnya untuk menghadiri upacara penutupan misi militer ini.

Panetta akan menjadi tamu kehormatan dalam sebuah upacara sederhana di Baghdad. Setelah pidato para pejabat, bendera pasukan AS di Irak akan dilipat dan misi militer AS di Irak dinyatakan ditutup, setelah berlangsung delapan tahun, delapan bulan, dan 25 hari.

Komandan terakhir pasukan AS di Irak, Jenderal Lloyd J Austin III kemudian akan langsung berangkat ke bandara dan terbang meninggalkan Irak bersama para pembantu terdekatnya. Setelah itu, hanya akan ada beberapa tentara AS, yang menjaga upacara tersebut, yang masih berada di Irak, dan akan segera menyusul pulang.

Perjanjian keamanan antara pemerintah AS dan Irak yang ditandatangani 2008 sebenarnya menyatakan batas waktu penarikan pasukan AS dari Irak adalah 31 Desember 2011. Namun, para komandan lapangan pasukan AS memutuskan tak ada gunanya mempertahankan pasukan di Irak sepanjang liburan Natal tahun ini, setelah negosiasi untuk mengundurkan batas waktu penarikan pasukan itu gagal.

Tanggal upacara penutupan misi militer ini sengaja dirahasiakan selama berminggu-minggu, untuk menjaga agar jangan sampai pihak pemberontak dan militan di Irak merencanakan serangan.

Perang Irak, yang dilancarkan Presiden AS George W Bush pada 2003, telah merenggut nyawa 4.487 prajurit AS, lebih dari 100.000 warga Irak, dan menelan biaya lebih dari 800 miliar dollar AS (lebih dari Rp 7,3 kuadriliun) untuk membayar ongkos perang dan rekonstruksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com