Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Kakus Hiasi Bus Kota San Francisco

Kompas.com - 14/12/2011, 08:10 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Para penumpang bus di San Francisco akan disuguhi poster berupa kakus di negara-negara dunia ketiga. Jelas gambarnya menunjukkan kakus yang kotor dan tidak terawat. Misinya adalah mengingatkan warga agar melakukan vaksinasi jika bepergian ke luar negeri, terutama ke negara-negara dunia ketiga. Upaya ini dilakukan oleh Departemen Kesehatan Negara Bagian California.

Pamela Axelson, perawat yang membantu mendirikan Klinik Imunisasi dan Perjalanan Dewasa, menyatakan, kampanye tersebut ditujukan bagi orang dari Amerika Tengah serta warga Filipina atau Asia Tenggara yang saat ini tinggal di San Francisco dan ingin kembali ke negara mereka untuk menemui keluarga. Axelson mengatakan, beberapa orang memiliki asumsi yang salah bahwa mereka telah memiliki kekebalan alami dari penyakit seperti Hepatitis A dan malaria.

”Mereka sudah berada di sini selama 20 atau 30 tahun, mereka sudah kehilangan kekebalan yang mungkin dimiliki sebelumnya,” ujar Axelson. ”Mereka mudah terpapar bakteri yang ditemukan di makanan dan air di kampung halaman mereka, seperti yang tergambar pada poster itu,” katanya lagi.

Axelson merekomendasikan orang yang hendak bepergian untuk terlebih dahulu mengunjungi klinik dan menerima vaksin agar tidak tertular penyakit. (UPI/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com