Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Pergi, Sunni Cemas, tetapi Kubu Lain Senang

Kompas.com - 14/12/2011, 03:58 WIB

Isu bahwa pasukan Amerika Serikat akan meninggalkan Irak pada 31 Desember terus menuai reaksi antara gembira dan cemas. Bagi penduduk di Tikrit (130 kilometer arah utara kota Baghdad), berita soal tekad pasukan AS akan meninggalkan Irak justru memicu kecemasan.

Kota Tikrit yang dikenal sebagai kota kelahiran mantan Presiden Irak Saddam Hussein merupakan salah satu basis kaum Sunni di Irak. Saddam Hussein dikebumikan di Desa Al-Aouja (sekitar 15 kilometer arah selatan kota Tikrit).

Seorang warga Tikrit, Jassim Mohammed (57), seperti dikutip kantor berita AP, menyampaikan kecemasannya atas situasi di negerinya setelah pasukan AS terakhir meninggalkan Irak pada akhir bulan ini.

”Kepergian pasukan AS merupakan sebuah kegembiraan, tetapi perhatian kami adalah situasi pasca-kepergian pasukan AS itu. Satu hal yang pasti, perpecahan antara kaum Sunni dan Syiah akan semakin tajam pasca-kepergian pasukan AS,” kata Mohammed yang berprofesi sebagai guru di kota Tikrit.

Dalam komposisi kependudukan Irak, kaum Syiah merupakan mayoritas, yakni 60-65 persen dari penduduk Irak. Kaum Sunni hanya 32-37 persen dari total penduduk Irak. Selebihnya ada 3-5 persen penganut Kristen dan minoritas lainnya.

Irak selama ini belum menikmati stabilitas, dan perang dianggap belum selesai. Aliansi Al Qaeda dan sayap Partai Baath pimpinan mantan Wakil Ketua Dewan Revolusi Iran Izzat Ibrahim masih mampu melancarkan rangkaian serangan dan pengeboman di kota-kota Irak, bahkan di Baghdad. Milisi-milisi bersenjata loyalis Iran juga terus beroperasi.

Pertarungan kekuasaan antara kaum Kurdi di Irak utara dan pemerintahan Perdana Menteri Nuri al-Maliki di Baghdad masih berlangsung.

Wali Kota Tikrit Omar Tareq mengungkapkan, ”Kaum Sunni adalah yang pertama melakukan perlawanan terhadap pasukan AS, kemudian pasukan AS-kaum Sunni beraliansi melawan Al Qaeda. Namun, hubungan kaum Sunni dan kaum Syiah masih dingin.”

Penduduk Tikrit mendambakan hubungan Sunni-Syiah lebih baik, di mana setiap warga Sunni dan Syiah bisa bepergian ke mana saja tanpa takut ditembak oleh milisi bersenjata.

Diskriminasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com