Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akan Jual 18 Jet Tempur Lagi ke Irak

Kompas.com - 13/12/2011, 13:35 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat berencana menjual 18 jet tempur F-16 lagi kepada Irak saat Baghdad berusaha mengamankan wilayah udaranya setelah penarikan seluruh pasukan AS pada akhir Desember ini, kata seorang pejabat AS, Senin (12/12).

"Hari ini, pemerintah memberi tahu Kongres mengenai keinginannya untuk menjual kepada Irak 18 pesawat F-16," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika, Tommy Vietor. "Penjualan ini merupakan petunjuk lain mengenai berlanjutnya hubungan kerja sama dan keamanan AS-Irak," kata Vietor setelah Presiden AS, Barack Obama, bertemu dengan Perdana Menteri Irak, Nuri al-Maliki, di Gedung Putih.

"Itu juga menggambarkan kemajuan yang telah dibuat Irak dalam mempersiapkan keamanannya sendiri, dan tekadnya untuk melindungi kemerdekaan dan kedaulatannya," kata Vietor.

Irak menandatangani kesepakatan untuk pembelian awal sebanyak 18 pesawat tempur pada awal tahun ini, setelah al-Maliki mengatakan ia ingin melengkapi Angkatan Udara Irak dengan 36 jet tempur dalam kesepakatan yang bernilai miliaran dolar AS. Obama mengatakan Amerika Serikat akan melatih pilot untuk pesawat tersebut, sebagai contoh kerja sama erat militer yang ingin dipertahankan Washington dengan Baghdad bahkan setelah tentara terakhir AS meninggalkan negeri tersebut pada akhir Desember 2011.

"Kami akan bekerja untuk menegakkan hubungan efektif militer dengan militer yang tak berbeda dengan hubungan yang kami miliki dengan banyak negara di wilayah itu dan seluruh dunia," kata Obama. "Kami harus melatih pilot mereka dan memastikan mereka siap dan bisa beroperasi dan ada Angkatan Udara Irak yang efektif," katanya.

F-16, yang dibuat Lockheed Martin, merupakan salah satu jet tempur yang paling banyak digunakan di dunia dan telah diekspor ke lebih dari 20 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com