Rabu, 17 September 2014

News / Travel

Roti Bakar Srikaya, Enak Banget!

Jumat, 9 Desember 2011 | 11:05 WIB

KOMPAS.com - Kehadiran Kopitiam sekarang memang menjamur dimana-mana, kebanyakan mengangkat menu-menu dari Singapura dan Malaysia karena memang ada beberapa yang merupakan franchise dari sana. Nah sedangkan kopitiam yang satu ini agak berbeda dari yang lainnya karena dia lebih banyak mengangkat menu dari Sumatera, khususnya daerah Siantar.

Namanya adalah Han Tiam, Kedai Kopi yang berlokasi di Ruko Serenade Center Blok A/6, Gading Serpong. Sebenarnya sudah dari kapan tau ingin mampir kesini, tapi baru sempat sewaktu libur panjang kemarin. Han Tiam sendiri sudah berdiri sekitar setahun, dan menurut pemiliknya tempat ini semakin ramai saja, sehingga sekarang dia pun membuka lantai dua untuk area makan juga. Design interiornya simple banget, tapi membuat suasana disini jadi lebih santai. Kesan jadulnya pun ditampilkan dengan memajang beberapa iklan-iklan zaman dulu, dan beberapa pernak-pernik yang berkesan kuno. Meja dan kursinya pun menggunakan kayu semua.

Awalnya menu kopi yang ingin dijadikan menu utama, tapi ternyata menu-menu makanan disini juga sangat disukai oleh pengunjungnya. Jadilah menu makanan-nya menjadi semakin lebih banyak dan bervariasi. Beberapa menu barunya adalah nasi goreng buntut, kwetiau seafood belacan, tom yum goong, nasi goreng bebek, bakmi sapi lada hitam, dan bakmi ayam panggang/rebus. Yang menjadi menu favorit mereka disini adalah Roti Bakar Srikaya Sedap Siantar, nah mereka menggunakan selai srikaya asli dari daerah Siantar lho. Begitu pula dengan Kopi Susu-nya, masih menggunakan kopi asli dari sana.

Semua menunya terlihat menarik euy, bingung mau pilih yang mana. Menu yang tidak mungkin saya lewatkan adalah Roti Bakar Srikaya, Pancake Durian dan Es Kopi Sedap Siantar. Tinggal pilih menu utamanya nih, hmm apa ya? Akhirnya saya pun memutuskan untuk mencoba Kwetiaw Seafood Belacan. Sedangkan teman-teman yang lain pesan Nasi Goreng Buntut dan Nasi Ayam Hainam. Minumannya mereka pesan Teh Tarik dan Jus Terong Belanda.

Roti Bakar Srikaya-nya sudah datang nih, setangkap roti yang dibakar hingga berwarna coklat keemasan ini aromanya harum banget. Rasanya seperti roti tawar kampung zaman dulu, susah banget nyari roti tawar begini di zaman sekarang. Apalagi ditambah dengan selai srikaya yang manis nya khas banget, yummy... enak banget. Kalian harus coba menu ini kalau datang ke Han Tiam.

Kemudian datanglah menu-menu utamanya, aromanya bikin saya ngiler ha-ha... Apalagi Nasi Ayam Hainan-nya, keliatannya enak banget tuh. Saya pun mencicipi nya sedikit, eh bener lho ayamnya enak banget, gurih dan lembut. Daging ayamnya digoreng hingga warnanya kecoklatan, tapi tidak sampai kering supaya tekstur daging ayamnya tetap empuk. Nasi Hainannya juga empuk dan beraroma sangat harum. Mantap nih nasi ayam hainan-nya.

Akhirnya saya pun menyantap makanan saya sendiri, si Kwetiaw Seafood Belacan. Ada udang, cumi dan baso ikan di dalamnya. Warnanya agak sedikit kemerahan karena bumbu belacannya itu. Rasanya agak pedas .... he-he, tapi enak banget. Dan ini adalah salah menu favorit disini lho. Nasi Goreng Buntutnya juga sangat layak untuk Anda coba, saya tadi sempat mencicipinya dan lezat sekali. Cita rasa bumbu Indonesia-nya sangat terasa di nasi goreng ini.

Pancake Durian pun melengkapi acara makan siang kami hari itu. Durian yang di pakai pun durian medan atau durian monthong. Tergantung musim saja. Yang ini pun Anda harus coba, duriannya sangat terasa sekali. Tidak seperti pancake durian di tempat lain yang isi duriannya hanya sedikit dan lebih banyak krimnya. Tapi disini, isi duriannya sangat mantap! Top deh pokoknya. Es Kopi Sedap Siantarnya pun membuat saya terasa segar kembali.

Seandainya Han Tiam ada di daerah Jakarta Barat, saya pasti jadi pelanggan utamanya he-he... Semua yang tadi saya coba, saya suka semua. (Ita)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: