Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Gubernur Dihukum 14 Tahun Penjara

Kompas.com - 08/12/2011, 12:20 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com– Mantan Gubernur Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat, Rod Blagojevich (54), Rabu (7/12/2011) waktu AS, dihukum 14 tahun penjara karena terbukti melakukan berbagai tindak pidana korupsi.

Ia juga diharuskan membayar denda 22.000 dollar AS (Rp 191,1 juta). Blagojevich terbukti bersalah dalam 17 dari 20 kasus yang dituduhkan jaksa, yang meliputi berbagai usaha penyuapan dan pemerasan.

Ia terbukti menyalahgunakan jabatannya untuk mendapatkan berbagai keuntungan pribadi, termasuk berusaha “melelang” posisi kursi Senat AS yang ditinggalkan Barack Obama; berusaha memaksa seorang kepala rumah sakit anak, seorang petinggi perusahaan konstruksi, seorang pemilik sirkuit balap untuk menyumbangkan dana kampanye bagi dirinya; dan memaksa pemilik surat kabar The Chicago Tribune untuk memecat para wartawannya yang selalu mengkritik kebijakan Blagojevich selama menjadi gubernur.

Dalam usaha untuk meringankan hukuman, tim pengacara Blagojevich memohon agar kliennya tidak disamakan dengan koruptor-koruptor lainnya. Menurut pengacara, Blagojevich tidak menyalahgunakan jabatannya untuk memperkaya diri, tetapi lebih untuk mencari dana kampanye dan mencari dukungan politik dengan imbalan proyek besar.

Akan tetapi, hakim federal James Zagel mengatakan, letak kesalahan utama bukan pada jumlah uang yang ia dapatkan, melainkan pada dampak penyalahgunaan jabatannya terhadap masyarakat. “Tingkat kerusakan (akibat korupsinya) di sini tidak diukur dari nilai uang atau properti, melainkan pada tergerusnya kepercayaan rakyat terhadap pemerintah,” tandas Zagel.

“Saat gubernur berbuat jahat, jalinan (sosial masyarakat) Illinois telah tercabik, rusak, dan tak mudah diperbaiki kembali,” imbuh Zagel.

Blagojevich terpilih dua kali sebagai Gubernur Illinois, yakni pada 2002 dan 2006. Saat berkampanye menjadi gubernur, ia berjanji akan membersihkan Illinois dari jejak-jejak korupsi yang ditinggalkan pendahulunya. Ternyata, ia sendiri melakukan korupsi.

Blagojevich ditangkap saat masih menjabat gubenur pada 9 Desember 2008. DPRD Illinois memakzulkan dia sebulan kemudian.

Ia akan mulai menjalani hukumannya pada 16 Februari di sebuah penjara federal di luar Illinois. Ia tidak diberi hak pembebasan bersyarat, dan harus menjalani sedikitnya 85 persen dari masa hukumannya sebelum mendapat kemungkinan pembebasan dengan pengawasan ketat.

Selama di penjara, Blagojevich akan menghuni sel berisi dua orang; diwajibkan mengerjakan pekerjaan kasar, seperti membersihkan toilet atau mengepel lantai, selama delapan jam sehari dengan upah hanya 12 sen (sekitar Rp 1.100) per jam, dan tidak bisa leluasa menerima kunjungan keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com