Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Tembak Jatuh Pesawat Mata-mata AS

Kompas.com - 04/12/2011, 23:17 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com — Angkatan bersenjata Iran dilaporkan telah menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tak berawak milik Angkatan Bersenjata AS di dekat perbatasan Iran dengan Afganistan dan Pakistan. Pesawat tersebut dituduh telah melanggar wilayah udara Iran.

Fars dan kanal televisi satelit Al-Alam mengabarkan, insiden tersebut terjadi di kawasan perbatasan di bagian timur Iran. "Sistem pertahanan udara dan unit perang elektronik kami berhasil melacak dan menembak jatuh pesawat mata-mata tak berawak canggih, RQ-170, setelah pesawat itu melanggar, dalam waktu singkat, kawasan perbatasan di timur," tutur seorang sumber di militer Iran yang tak disebutkan namanya.

RQ-170 Sentinel adalah pesawat tak berawak (drone) yang dirancang khusus melakukan misi pengintaian. Pesawat yang bentuknya mirip pesawat pengebom Stealth B-2 Spirit ini baru diakui keberadaannya oleh Angkatan Udara AS pada 2010, dan telah diterjunkan di medan perang Afganistan. Karena teramat misteriusnya, pesawat itu sempat dijuluki "The Beast of Kandahar".

Menurut pejabat militer yang dikutip Fars, pesawat itu jatuh dengan kerusakan kecil, dan sekarang berada di tangan pasukan Iran. Menurut pejabat itu, pelanggaran batas wilayah udara Iran dilakukan pesawat itu secara terang-terangan.

Januari lalu, Iran juga mengklaim telah menembak jatuh dua drones milik AS.

Iran saat ini sedang menghadapi tekanan dunia internasional, setelah laporan terbaru Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menyebutkan, negara itu dicurigai sedang mengembangkan senjata nuklir. Negara-negara Barat sangat memercayai laporan IAEA ini, dan telah menerapkan serangkaian sanksi ekonomi yang lebih ketat.

Salah satu sekutu Barat, Israel, bahkan jelas-jelas mengungkapkan tak akan menyingkirkan opsi serangan militer ke berbagai fasilitas nuklir Iran. (AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com