Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Usir Diplomat Iran

Kompas.com - 30/11/2011, 22:41 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Ketegangan diplomatik antara Inggris dan Iran semakin menjadi-jadi, Rabu (30/11/2011), setelah Pemerintah Inggris memutuskan untuk mengusir semua diplomat Iran yang bertugas di Inggris dan memerintahkan Kedutaan Besar Iran di London segera ditutup. Inggris juga menarik semua diplomatnya dari Iran.

Ketegangan ini menyusul insiden penyerangan kantor Kedutaan Besar Inggris di Teheran oleh sekelompok demonstran pada Selasa (29/11/2011). Para demonstran, yang memprotes sanksi ekonomi Inggris terhadap Iran, merangsek masuk ke Kedubes, menurunkan bendera Union Jack Inggris, membakar mobil Kedubes, dan melempari gedung Kedubes dengan bom molotov.

Menurut Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, para diplomat Iran diberi waktu 48 jam untuk hengkang dari Inggris. Selain Inggris, beberapa negara Barat, seperti Norwegia, Swedia, Jerman, dan AS, juga menyatakan kemarahannya.

Norwegia memutuskan menutup Kedubesnya di Teheran, sedangkan Jerman memanggil pulang duta besarnya untuk Iran sebagai bentuk protes.

Inggris, AS, dan Kanada menjatuhkan sanksi ekonomi baru kepada Iran dengan harapan negara itu akan menghentikan program nuklirnya, yang dicurigai bertujuan membuat bom nuklir. (AP/AFP/Reuters)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com