Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Assad Protes Sanksi Liga Arab

Kompas.com - 28/11/2011, 10:10 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Ribuan orang propemerintah turun ke jalan-jalan di sejumlah kota di Suriah untuk mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad di tengah sanksi yang jatuhkan Liga Arab terhadap negara itu, Minggu (27/11/2011).

Sanksi ekonomi itu merupakan respons Liga Arab terhadap gagalnya Assad menghentikan kekerasan aparat keamanan terhadap para pengunjuk rasa penentangnya.

"Kami datang dari seluruh penjuru Hasaka dan bertemu secara spontan untuk memprotes keputusan Liga Arab. Kemana Liga Arab ketika Gaza dan Libya diserang? Atau ketika Lebanon diserang Juli lalu? Mengapa saat itu Liga Arab tidak bersidang? Dan mereka bertemu untuk membicarakan Suriah? Suriah akan tetap kuat," kata seorang pendukung Assad.

Pemerintah Suriah sepertinya tidak menghiraukan ancaman Liga Arab. Serangan terhadap warga sipil terus dilakukan oleh aparat keamanan.

Seorang aktivis antipemerintah mengatakan, di pusat kota Hama, aparat menewaskan empat orang, termasuk bocah 10 tahun, pada Sabtu (26/11/2011), seperti dilansir kantor berita Xinhua, Senin (28/11/2011).

Sebuah video yang dipublikasikan menunjukkan sejumlah demonstrasi di wilayah selatan kota Deraa. Namun keaslian video itu tidak bisa diverifikasi.

Pada Minggu (27/11/2011), Liga Arab telah menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Suriah, termasuk pembekuan dana pemerintah Suriah, penghentian perdagangan dengan pemerintah Suriah kecuali komoditi yang terkait dengan kehidupan rakyat, serta menghentikan penerbangan ke negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com