Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos Banjir Thailand 45 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 26/11/2011, 18:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Bank Dunia (World Bank/WB) mengatakan, ongkos kerugian akibat banjir di Thailand mencapai angka 45 miliar dollar AS. Menurut warta Bangkok Post pada Sabtu (26/11/2011), lantaran kerugian itulah, dalam pandangan WB, pertumbuhan ekonomi Thailand merosot ke posisi 2,4 persen per tahun.

Menurut Direktur Wilayah WB Annette Dixon dalam kesempatan pertemuan dengan Ketua Komite Strategis untuk Rekonstruksi dan Pembangunan Masa Depan Thailand Virabongsa Ramangura di Bangkok, sektor properti mengalami kerugian sekitar 21,11 miliar dollar AS. Sementara sektor itu juga kehilangan kesempatan hingga 22 miliar dollar AS.

"Pertumbuhan ekonomi Thailand turun dari posisi 3,6 persen ke posisi tersebut," imbuh Dixon.

Sebelumnya, Dewan Pembangunan Ekonomi dan Sosial Thailand (NESDB) mengatakan, tahun ini, pada kuartal IV, pertumbuhan ekonomi Thailand melorot ke angka 3,7 persen dari prediksi awal sebelum bencana banjir, yakni 5 persen.

Sampai kini, korban tewas banjir di Thailand sejak pertengahan Juli lalu mencapai 600 orang. Banjir membuat 10 juta warga Thailand menderita lantaran dampak langsung yang terjadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com