Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif: Khamis Masih Hidup

Kompas.com - 22/11/2011, 03:40 WIB

BENGHAZI, KOMPAS.com — Putra bungsu mendiang Moammar Khadafy, Khamis, masih hidup, ungkap seorang pejabat Kementerian Pertahanan Libya kepada kantor berita Xinhua, Senin (21/11/2011).

Menurut pejabat tinggi yang meminta namanya tidak diungkap itu, putra Khadafy, Saif Al Islam, mengatakan kepada pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC) bahwa Khamis masih hidup.

Militer NTC sudah mengetahui lokasi Khamis, yakin di Terhouna, sebuah kota yang berjarak 90 kilometer arah tenggara Tripoli. Militer mengupayakan penangkapannya dalam beberapa jam mendatang.

Diberitakan sebelumnya, Saif yang diburu Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan ditangkap di Sheba, kota di wilayah selatan Libya, pada Sabtu (19/11/2011). Pengakuan Saif juga membuahkan penangkapan terhadap mantan kepala intelijen Libya, Abdullah al-Senunssi, salah satu tokoh kunci rezim Khadafy.

Khamis Khadafy beberapa kali diberitakan tewas sejak revolusi Libya pecah. Para petempur NTC menyatakan, Khamis tewas di kawasan tenggara Tripoli pada 29 Agustus lalu. Klaim itu kemudian "dibenarkan" oleh sebuah stasiun televisi Suriah yang pro-Khadafy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com