Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Poliandri, Anggota Dewan Ini Bicara...

Kompas.com - 18/11/2011, 13:28 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Lm, anggota DPRD Jawa Timur yang dilaporkan memiliki dua suami (poliandri), akhirnya bicara terbuka tentang tudingan yang dialamatkan kepadanya. Ia membantah semua tuduhan itu, dan menyebut ada konspirasi politik untuk menjatuhkannya dari kursi anggota dewan.

"Itu tidak betul! Ini semua murni konspirasi politik yang berniat menjatuhkan saya agar lengser dari anggota dewan," tegas Lm saat ditemui di rumahnya, di Pasuruan, Kamis (17/11/2011) kemarin.

Saat dikunjungi, Lm terlihat sibuk mempersiapkan pernikahan putrinya. Meski demikian, ia tetap meluangkan waktu untuk menjawab sejumlah pertanyaan seputar tuduhan poliandri yang diarahkan kepadanya.

Menurut Lm, sebenarnya dia pernah memberikan klarifikasi masalah itu kepada tim Bidang Kehormatan DPD PDI-P Jatim atas laporan Tg yang mengaku sebagai suami sirinya itu pada Minggu (13/11/2011) lalu. Saat itu, ia bertemu beberapa anggota tim Bidang Kehormatan DPD PDI-P Jatim, antara lain, Bambang DH, Bambang Juwono, Yordan Batara Goa, dan Nugroho SW.

"Namun anehnya, kurang dari 30 menit setelah saya balik dari DPD PDI-P Jatim, ternyata bocor dan menyebar ke mana-mana. Semestinya klarifikasi itu untuk konsumsi internal partai dan ditindaklanjuti. Bukannya malah disebarluaskan sebelum masalahnya clear. Ini konspirasi politik," katanya.

Disebutkan Lm, hubungan dirinya dengan si pelapor yang berinisial Tg sesungguhnya hanya sebatas mitra kerja, bukan pasangan suami-istri siri seperti terungkap di media. "Tidak ada hubungan asmara. Dia itu mantan tim sukses saya di Pemilu Legislatif 2009 lalu dan semuanya sudah saya selesaikan," ujarnya.

Dan, menyadari telah terjadi intrik politik akibat rumor tersebut, kata Lm, Tg telah mencabut laporannya pada Senin (14/11/2011) lalu. Dalam surat pencabutan laporan yang diteken di atas materai Rp 6.000 tersebut, juga tertulis mengetahui panitera Pengadilan Negeri Surabaya.

"Oleh Tg, surat itu sempat ditunjukkan ke salah seorang anggota tim Bidang Kehormatan DPD PDI-P Jatim. Mungkin surat pencabutan laporan itu belum diserahkan dan baru diserahkan Kamis ini (kemarin)," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Lm dilaporkan ke BK DPRD Jatim karena diduga memiliki dua suami. Suami pertamanya, seorang mantan pejabat ternama di Pasuruan, sedangkan suami satunya, seorang pengusaha berinisial Tg.

Menurut laporan itu, Lm diduga menikah siri dengan Tg pada 21 Mei 2009 silam di Solo. Belakangan diketahui, ternyata saat menikah, status Lm masih istri sah Pu sehingga Tg merasa telah dibohongi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com