Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Niger Diminta Pikir Lagi Suaka untuk Saadi Khadafy

Kompas.com - 15/11/2011, 08:05 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Penguasa baru Libya meminta Niger untuk mempertimbangkan kembali keputusannya memberi suaka kepada putra Moammar Khadafy, Saadi Khadafy.

"Niger sebaiknya tidak memberi suaka bagi penjahat. Kami minta Niger untuk meninjau kembali keputusan yang tak dapat dibenarkan itu," kata Abdel Hafidh Ghoga, wakil pemimpin Dewan Transisi Nasional (NTC) dan juru bicara pemerintah baru, Senin (14/11/2011).

"Jika Niger akan melindungi penjahat yang dicari oleh hukum, keputusan itu bermusuhan dan tak dapat dibenarkan. Keputusan itu memiliki dampak pada hubungan kita," katanya.

Presiden Niger Mahamadou Issoufu, Jumat lalu, mengatakan, negaranya memutuskan untuk memberi suaka kepada Saadi Khadafy karena alasan kemanusiaan. Saadi Khadafy (38) melarikan diri dari Libya dengan melintasi perbatasan selatan ke Niger pada Agustus saat Tripoli jatuh ke tangan pemberontak Libya, yang mengakhiri rezim 42 tahun ayahnya yang otoriter.

Para pemimpin baru Libya ingin Saadi Khadafy diadili karena kejahatan yang diduga dilakukan ketika memimpin federasi sepak bola negara itu. Perdana Menteri Niger Brigi Rafini mengatakan, pada September lalu tidak ada masalah ekstradisi Saadi Khadafy, setidaknya hingga ada jaminan akan mendapat pengadilan yang fair di Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com