Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelecehan Seksual Masuk Pengadilan

Kompas.com - 11/11/2011, 18:15 WIB
A. Tjahjo Sasongko

Penulis

INDIANAPOLIS, Kompas.com - Hati-hati para pelaku pelecehan seksual, terutama terhadap anak-anak asuhnya. Sebuah keluarga menuntut federasi renang, tim sekaligus juga pelqtih yang dianggap melakukan pelecehan seksual tersebut.

Keluarga yang tinggal di AS tersebut menuntut USA Swimming,  federasi renang Indiana,  tim renang Lawrence dan pelatih renang Christopher Wheat. Pihak penuntut menyebut para terdakwa tidak bersikap serius terhadap kejahatan pelecehan seksual yang dilakukan Wheat.

Wheat ditahan dua tahun lalu dan dijatuhi hukuman setelah dinyatakan bersalah  atas dua tuduhan pelecehan seksual.  Pengacara keluqrga penuntut, Jonathan Little menyebut pihak-pihak yang dituntut tieak pernqh menanggapi secara serius pengaduan terhadap perilaku Wheat.

Pihak USA Swimming mengaku belum menerima tuntutan hukum terhadap mereka. Mereka juga membantah telah berusaha melindungi para pelatih renang yang bermasalah.

"Kami membantah anggapan yang menyebut pihak USA Swimming melindungi para pedofil. Hal ini samasekali tidak benar," demikian pernyataan tertulis pihak USA Swimming. "Bagi kami, keselamatan 300 ribu anggota kami merupakan hal terpenting.  Kami telah mengembangkan  sistem perlindungan atlet yang menyeluruh."

Menurut USA Swimming, pihaknya telah mencabut ijin 46 pelatih dan pengurus renang untuk seumur hidup. Sebagian besar karena kasus pelecehan seksual.

Olah raga renang sangat populer di Amerika menyusul melejitnya nama Michael Phelps yang mampu meraih delapan medali emas di Olimpiade Beijing dan enam medali emas di Athena 2004.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com