Jumat, 22 Agustus 2014

News / Internasional

Kelompok Radikal Yaman Buat Film Dokumenter

Kamis, 10 November 2011 | 10:21 WIB

ADEN, KOMPAS.com - Sebuah kelompok radikal di Yaman, Rabu (9/11/2011), mengumumkan akan memproduksi sebuah film untuk mendokumentasikan kehidupan tokoh agama kelahiran Amerika Serikat, Anwar al-Awlaqi. Film itu akan mencakup pesan yang tak diketahui sebelumnya yang ditujukan bagi masyarakat AS.

Partisan Syariah, kelompok yang diduga punya hubungan dengan Al Qaeda, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa film tentang Al Awlaqi itu akan dibuat dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, mengenai peran tokoh itu dalam menghidupkan kembali ritual jihad di hati banyak pemuda Muslim, khususnya masyarakat Arab. Anwar al-Awlaqi, yang merupakan warga AS pertama yang masuk dalam daftar militan AS yang diburu untuk dibunuh, tewas pada 30 September lalu dalam serangan udara di Yaman.

Film itu akan diproduksi Sada al-Malahem, jaringan media Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), kata kelompok itu tanpa memberitahu kapan film tersebut akan dirilis. "Film itu akan mencakup sebuah video, yang disiarkan untuk pertama kalinya dan berjudul ’Pesan bagi rakyat Amerika’ . Pesan video itu telah direkam dalam bahasa Inggris oleh Sheikh Anwar sebelum kematiannya," kata pernyataan itu, yang dibagikan di desa Rawda, sebuah markas Al Qaeda di Provinsi Shabwa di Yaman timur.

Para pejabat intelijen AS yakin Awlaqi terkait dengan seorang mayor militer AS yang didakwa melakukan penembakan yang menewaskan 13 tentara di Fort Hood, Texas, dan seorang mahasiswa Nigeria yang dituduh telah berupaya untuk meledakkan sebuah pesawat komersial AS pada hari Natal, 25 Desember, 2009 dengan bahan peledak yang ditaruk di pakian dalam. Awlaqi juga diyakini sebagai pemimpin operasi luar negeri AQAP yang telah menjanjikan pembalasan atas kematiannya.

AQAP telah mengambil keuntungan dari 11 bulan demonstrasi penuh kekerasan terhadap Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, untuk meningkatkan kehadirannya, tidak hanya di Shabwa, tapi juga di Provinsi Marib dan Abyan yang berdekatan. Tentara Yaman telah memerangi ratusan gerilyawan dari kelompok Partisan Syariah di Abyan sejak mereka menyerbu ibu kota provinsi itu, Zinjibar, dan kota-kota di dekatnya pada Mei lalu.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: