Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Sambut Inisiatif Indonesia Jadi Tuan Rumah

Kompas.com - 30/10/2011, 17:27 WIB
M Nasir

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Republik Islam Iran Ahmadinejad menyambut baik inisiatif Indonesia dalam mengambil langkah untuk menjadi tuan rumah pertemuan Persatuan Pers Dunia Islam (The Press Union of Islamic World/PUIW) tahun depan di Jakarta.

"Saya tahu Indonesia. Saya dukung inisiatif Indonesia," kata Ahmadinejad yang ditemui Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono, Sabtu (29/10/2011) malam, seusai menerima para delegasi PUIW dari berbagai negara, di kediaman presiden di Teheran.

Ahmadinejad sendiri sudah menerima laporan dari Ketua Umum Persatuan Pers Dunia Islam M Jafar Mohammadzadeh bahwa Indonesia dan Malaysia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan dunia pers tahun depan.

Usulan menjadi tuan rumah itu disampaikan Margiono dan Pemimpin Redaksi Republika Nasihin Masha dalam pertemuan tersebut.

"Presiden Ahmadinejad menyambut baik usulan kami. Mereka-mereka ini (para delegasi perlu dibawa ke Indonesia) biar tahu mereka ada Islam berwajah lain, dan menyejukkan. Tidak melihat Islam dari sisi konflik terus," kata Margiono kepada wartawan Kompas M Nasir yang mengikuti pertemuan tersebut.

Ahmadinejad menyambut baik organisasi Persatuan Pers Dunia Islam baru dibentuk di Teheran, Sabtu siang. "Ini adalah kegiatan yang bertanggung jawab," katanya.

Organisasi ini dibentuk dan diprakarsai oleh Pemerintah Republik Islam Iran. Periode pertama organisasi ini dipimpin oleh M Jafar Mohammadzadeh sebagai ketua umum. Ia adalah Wakil Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran.

Sementara jabatan sekretaris jenderal dipegang oleh MJ Aghajari yang saat ini menjadi Direktur Jenderal Departemen Media Asing pada Kementerian Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran. Periode berikutnya baru dilakukan pemilihan.

Iran memimpin organisasi ini pertama kali karena Republik Islam Iran sebagai pemrakarsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com