Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan TKW Dilatih Soal Koperasi

Kompas.com - 30/10/2011, 12:13 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 25 orang mantan tenaga kerja wanita di Kecamatan Balung dan Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (30/10/2011) dilatih tentang perkoperasian. Mantan TKW itu mendirikan koperasi, untuk meningkatkan kesejahteraan hidup setelah tidak lagi bekerja di luar negeri.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Jember, Minggu (30/10/2011), Mufti, mengatakan, selain dilatih oleh petugas dari Dinas Koperasi Kabupaten Jember, mereka juga menerima pelatihan dari instruktur yang didatangkan dari Jakarta.

Mantan TKW itu diharapkan mampu mengembangkan usaha perkoperasian, setelah menerima berbagai bentuk pelatihan guna peningkatakn kemampuan dan skill. Usaha yang dilakukan bervariasi sesuai dengan kemampuan dan keterampilan. Untuk langkah awal sebagian dari mereka masih bergelut di bidang serba usaha.

Ada pula yang sudah meningkat pada peningkatan ketrampilan usaha, seperti membuat tas dari bahan baku kayu, berternak lele dan anggas.

"Ke depan nanti diharapkan setiap kelompok usaha bisa menampilkan hasil karya agar bisa dipamerkan atau dipasarkan," kata Mufti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com