Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Tunda Pembicaraan soal Libya

Kompas.com - 26/10/2011, 16:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Rabu (26/10/2011), menunda pembicaraan soal keputusan mengakhiri operasi militer di Libya hingga Jumat (28/10/2011). Pembicaraan itu berlangsung di Brussels, Belgia.

Menurut warta Xinhua hari ini, pihak NATO hanya mengatakan pertemuan itu ditunda. Namun, tak ada penjelasan rinci soal penundaan tersebut.

Seminggu lalu, NATO mengatakan mengurangi operasi militernya di Libya pascatewasnya Moammar Khadafy. Sejatinya, keputusan untuk memastikan berakhir tidaknya misi itu terjadi dalam minggu ini.

Pihak NATO mengaku tak bisa begitu saja mengambil keputusan penting tersebut. "Kami mesti berkonsultasi dengan PBB dan Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya," begitu pernyataan NATO.

Pada bagian lain, kemarin, NTC sudah meminta NATO melanjutkan misi militer di Libya. "Sedikitnya, ada perpanjangan sebulan lebih," kata pernyataan resmi NTC.

Di Jepang, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan NATO tidak akan menghentikan misi secepatnya sebagaimana diharapkan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com