Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Operasikan Mesin Daur Ulang di Lebanon Selatan

Kompas.com - 22/10/2011, 10:56 WIB
Iwan Santosa

Penulis

LEBANON, KOMPAS.com — Pasukan TNI (Indonesia Battalion/Indobatt) yang tergabung dalam Misi Perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL) mengoperasikan mesin daur ulang sampah untuk masyarakat setempat.

Proyek diselesaikan Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E melalui Seksi Civilian Military Cooperation (Cimic) yang mendatangkan dan mengoperasikan mesin pengolah limbah padat dari pihak UNIFIL yang dibutuhkan oleh masyarakat Ett Taibe, Lebanon Selatan.  

Proyek Solid Waste Management senilai 25.000 dollar AS tersebut selesai proses pengajuannya di bawah monitoring project dari Indobatt dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 21 Oktober 2011.

Alat pengolah sampah padat itu sangat dibutuhkan masyarakat Lebanon Selatan yang selama didera konflik tidak sempat membangun dan menyiapkan sarana pendukung kesehatan lingkungan. 

Proyek lain yang dikerjakan Indobatt antara lain Mobil Pintar (perpustakaan keliling), mengajar anak-anak Lebanon, dan memonitor perbatasan Lebanon Selatan dan Israel. Acara peresmian dipimpin oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brigjen Guiterrez Diaz De Otazu.

Sementara Indobatt diwakili oleh Wakil Komandan Indobatt Letkol (Mar) Harnoko, Kasi Cimic Mayor (Arh) Sukma Yudha Wibawa, dan Cimic Project Officer Kapten (Kal) Turadhi Handono. Tokoh setempat seperti Wali Kota Ett Taibe Abbas Ali Diab, Edward Tawil dan Sarah, Mayor, serta 60 perwakilan kelompok masyarakat hadir di wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com