Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chavez: Khadafy Seorang Martir!

Kompas.com - 21/10/2011, 06:23 WIB
M.Latief

Penulis

LA GRITA, KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez menyampaikan kemarahan atas tewasnya Moammar Khadafy. Ia menyebut peristiwa itu "kejam sekali" dan mengatakan mantan pemimpin Libya itu merupakan seorang martir.

"Amat sayang, kematian Khadafy telah dikonfirmasikan," kata Chavez, yang baru saja pulang ke Venezuela dari perawatan kanker di Kuba, Kamis (20/10/2011).

"Mereka telah membunuhnya. Itu kekejaman lain," kata pemimpin Venezuela itu kepada wartawan di kota La Grita.

"Kami akan mengingat Khadafy sepanjang hidup kami sebagai pejuang besar, seorang revolusioner, dan seorang martir," katanya.

Chavez sendiri telah membela Khadafy sejak awal pemberontakan terhadap rezim pemimpin Libya itu pada Februari lalu, dan menuduh NATO telah menggunakan konflik tersebut untuk memperoleh penguasaan atas minyak Libya.

"Hal yang sangat menyedihkan adalah bahwa dalam pencariannya untuk mendominasi dunia, kekaisaran dan sekutu-sekutunya telah membakarnya (Libya)," kata Chavez, merujuk ke Amerika Serikat dengan nama panggilan yang disukainya.

Chavez menolak mengakui rezim baru Libya. Ia juga memperolok wakil baru Libya di PBB sebagai "boneka" dan "manekin".

Pada 2004, Chavez telah diberikan Penghargaan Internasional Khadafy untuk Hak Asasi oleh pemimpin Libya yang digulingkan itu. Fidel Castro dari Kuba dan Daniel Ortega dari Nikaragua juga menerima penghargaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com