Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut SBY Bekerja, Mahasiswa Telanjang Dada

Kompas.com - 20/10/2011, 16:16 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sedikitnya tujuh mahasiswa bertelanjang dada, Kamis (20/10/2011), bersama puluhan mahasiswa yang melakukan aksi demontrasi di depan kantor Gubernur Jawa Tengah.

Aksi mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Jawa Nunsantara Berantas Korupsi (Janur Besi) ini merupakan elemen mahasiswa gabungan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam, Ikatan Mahasiswa Muslim, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Se-Jawa Tengah.

Para mahasiswa itu menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhono lebih serius bekerja atau turun saja. Aksi ini diwarnai ketegangan karena para mahasiswa minta masuk ke dalam kantor gubernur, tetapi dihadang oleh satuan pengamanan dari Kepolisian Resor Kota Besar Semarang.

Fatur Rahman dari Badan Koordinasi HMI Jateng menyatakan, tepat tujuh tahun rezim SBY berkuasa ternyata pancapaian kinerjanya jauh dari harapan rakyat. Politik pencitraan yang digunakan SBY mampu mengelabui pemahaman rakyat tentang kondisi Indonesia.

Aksi demontrasi aliansi mahasiswa itu juga diwarnai perang spanduk dan plakat yang isinya mengecam lemahnya kinerja pemerintah. Lemah dalam memberantas korupsi ataupun lemah mempertahakan wilayah NKRI.

Aksi demontrasi mahasiswa ini juga diwarnai saling dorong antara mahasiswa dan petugas kepolisian di pintu gerbang Kantor Gubernur Jateng. Setelah puas berorasi, gerakan mahasiswa ini bubar dengan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com