Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tropenmuseum Bakal Tutup

Kompas.com - 17/10/2011, 17:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Museum Antropologi di Amsterdam, Belanda, Tropenmuseum terancam tutup lantaran penghematan dana pemerintah Belanda. Sebagaimana warta dari laman Radio Nederland pada Senin (17/10/2011), pemerintah Belanda menghentikan subsidi bagi Koninklijk Instituut voor Tropen (KIT) mulai 1 Januari 2013. Museum sohor itu berdiri sejak 1864.

Berita penghematan ini mengejutkan bagi baik institut berusia lebih dari 100 tahun maupun pihak luar. Menurut Direktur KIT Lejo Schenk, penghentian subsidi berdampak pada 'marketing BV Belanda'. "Orang-orang yang pergi ke luar negeri untuk bekerja, datang ke institut Tropen untuk mempersiapkan tinggal di negera lain," katanya sembari menambahkan kalau KIT adalah bagian penting dalam kerja sama pembangunan.

Di Belanda, orang biasa mengenal KIT terutama dari Tropenmuseum. Pameran permanen mengenai budaya Afrika, Hindia dan Karibian yang diselingi eksposisi pendek seperti misalnya pameran anak-anak mengenai China Qi atau aliran energi dalam tubuh kita adalah beberapa agenda museum tersebut.

KIT juga memiliki perpustakaan besar internasional dan teater tempat publik umum bisa menikmati pertunjukan budaya beraneka ragam mulai dari nyanyian sampai tarian tango dari Argentina.

Tak cuma itu, KIT juga mempunyai proyek di luar negeri. "Kami aktif di enam puluh negara. Kami membangun museum di Indonesia, bekerja sama dengan museum nasional di Vietnam, Yaman dan punya proyek di Ghana serta Antilia Belanda," kata Schenk lagi.

Ia melanjutkan, kini ada kerja sama dengan Mauritius untuk merenovasi koleksi di pulau tersebut. Di Suriname, Tropeninstituut terlibat dengan museum anak di Villa Zapakara. Belum jelas bagaimana nasib proyek-proyek serupa yang didanai oleh anggaran kerja sama pembangunan, dan sisanya ditanggung oleh negara itu sendiri.

Lejo Schenk mengatakan tahun depan semua masih berjalan seperti biasa. Sementara itu, masih dicari sumber dana lain bagi kerja sama pembangunan. Kemungkinan agar Tropenmuseum bisa menjalin hubungan dengan museum lain yang berorientasi pada budaya non-Barat seperti misalnya museum Afrika dan Museum van Volkenkunde atau Etnologi juga dilihat.

Instutut Tropen sekarang masih memiliki anggaran tahunan sebesar 50 juta euro. Di samping 20 juta uang subsidi, pendapatan berasal dari penjualan karcis masuk, kerja sama dengan perusahaan, pemerintah lain dan organisasi dalam dan luar negeri.

Berhemat

Sebelum kebijakan terhadap Tropenmuseum muncul, pemerintah Belanda mengumumkan tahun lalu bahwa banyak yayasan akan kehilangan sebagian atau seluruh anggaran keuangan mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com