Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Al Qaeda Yaman Terbunuh

Kompas.com - 15/10/2011, 15:36 WIB

SANAA, KOMPAS.com - Serangan udara Amerika Serikat (AS) menewaskan Ibrahim al-Bana, salah seorang pemimpin Al Qaeda, ungkap para pejabat kementerian pertahanan dan keamanan Yaman, Sabtu (15/10/2011).

Bana, yang dikenal sebagai pemimpin media Al Qaeda Yaman, tewas bersama enam milisi lain di provinsi Shabwa, Yaman, Jumat (14/10/2011).

Serangan udara itu dilakukan pesawat pengebom tanpa awak, dan merupakan satu dari lima serangan malam dengan target posisi-posisi Al Qaeda di Shabwa dan provinsi tetangganya, Abyan di wilayah selatan Yaman.

Pekan lalu, serangan udara serupa menewaskan Anwar al-Awlaki. Lelaki kelahiran AS itu dikenal sebagai ulama berbakat dan menguasai internet yang kemudian menjadi tokoh utama Al Qaeda untuk merekrut anggota dari Barat.

Terbunuh bersama Awlaki adalah Samir Khan, warga AS keturunan Pakistan, yang juga dikenal sebagai tokoh propaganda untuk Al Qaeda cabang Yaman dan Semenanjung Arab.

Ini bukan kali pertama Bana dikabarkan tewas. Salah satunya, pada Januari 2010, namun laporan itu langsung dibantah Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Sementara itu kantor berita AFP mengutip sumber-sumber dari kalangan suku Yaman, salah seorang anak Awlaki, Abderrahman Anwar Al-Awlaki, juga terbunuh dalam serangan Jumat malam itu. Namun belum ada konfirmasi tentang hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com