Minggu, 26 Oktober 2014

News / Internasional

Obama: Saya "Underdog" di Pilpres 2012

Selasa, 4 Oktober 2011 | 11:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menganggap dirinya underdog pada pemillihan presiden 2012.

Dalam wawancara dengan ABC, Senin (4/10/2011), Obama mengakui hal itu. Menurutnya, anggapan itu ada karena masalah ekonomi yang dihadapi pemerintahannya.

Obama melontarkan pernyataan tersebut untuk menanggapi hasil jajak pendapat yang dilakukan ABC bahwa 55 persen rakyat AS berpendapat Obama hanya akan mejadi presiden untuk satu masa jabatan.

"Tidak masalah. Saya terbiasa menjadi underdog," kata Obama.

Namun, hal itu sepertinya tidak menyurutkan keyakinan Obama bahwa dia akan terpilih menjadi presiden untuk masa jabatan kedua.

Dia memprediksi rakyat akan memilih calon presiden yang menunjukkan visi masa depan yang mampu membantu keluarga biasa untuk meraih "American Dream". Obama menegaskan, dia tahu cara mewujudkannya.

"Ketika saya mencalonkan diri pada 2008, ide dasarnya adalah rakyat biasa yang sudah bekerja keras dan melakukan segala sesuatu dengan benar, tetapi tidak juga berhasil," papar Obama tentang keputusasaan rakyat AS karena terus meningkatnya biaya kesehatan dan pendidikan.

"Pendekatan yang sudah saya lakukan selama tiga tahun memerintah ini adalah 'apakah perubahan-perubahan besar yang sudah kita lakukan sejauh ini sehingga anak-anak kita mendapat pendidikan terbaik? (Agar) kita memiliki infrastruktur terbaik di dunia. (Agar) kita memiliki yang dibutuhkan untuk kembali sukses," tutur presiden ke-44 AS itu.


Editor : Kistyarini
Sumber: