Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ledakan Bom Mobil Tewaskan Enam Orang

Kompas.com - 29/09/2011, 04:24 WIB

DAGESTAN, KOMPAS.com — Satu polisi dan lima warga sipil tewas ketika sebuah bom mobil meledak di provinsi Dagestan, di wilayah Kaukasus Utara, Rusia, Rabu (28/9/2011), kata pihak berwenang.

Serangan itu dilakukan setelah tiga ledakan bom mobil menewaskan enam orang dan orang-orang bersenjata membunuh empat orang lain, termasuk seorang pejabat penegak hukum, pekan lalu, di kawasan tersebut, yang terletak antara Chechnya dan Laut Kaspia.

"Akibat dari ledakan bom mobil itu, satu polisi tewas, juga lima warga sipil yang sedang lewat dengan sebuah kendaraan lain," kata satu sumber di Komite Penyelidik Regional kepada Reuters.

Dia mengatakan, serangan itu terjadi di Desa Hajjalmakhi, sekitar 60 kilometer sebelah barat daya ibu kota provinsi itu, Makhachkala.

Setelah menemukan kendaraan kosong mencurigakan yang diparkir di pinggiran desa itu, polisi mulai melakukan pemeriksaan dan kendaraan itu pun meledak, kata satu sumber penegak hukum kepada kantor berita Interfax.

Kremlin hingga kini masih berusaha mengatasi gerilyawan muslim di Kaukasus Utara, satu dasawarsa setelah pasukan federal mendongkel dominasi separatis di Chechnya.

Serangan bom bunuh diri yang dilancarkan oleh seorang pelaku dari Kaukasus Utara menewaskan 37 orang di bandara terpadat Rusia, Domodedovo, pada Januari.

Serangan itu membuat Presiden Rusia Dmitry Medvedev memecat sejumlah pejabat kepolisian tingkat menengah dan mengarah pada pendongkelan para manajer senior Domodedovo.

Pengeboman bunuh diri itu diklaim oleh Doku Umarov, pemimpin Emirat Kaukasus yang melancarkan serangan-serangan di Chechnya dan wilayah lain yang berpenduduk Muslim di Kaukasus Utara.

Amerika Serikat memasukkan Emirat Kaukasus ke dalam daftar kelompok teroris karena serangan-serangannya dalam upaya mengusir Pemerintah Rusia dari kawasan Kaukasus Utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com