Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden John F Kennedy dan USAID

Kompas.com - 28/09/2011, 22:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel, Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) Glenn Anders, dan para mitra dari sektor pemerintah dan swasta Indonesia, Senin (3/10/2011) akan merayakan ulang tahun ke-50 USAID dalam sebuah resepsi di @America, Jakarta.

Menurut rencana, Dubes Marciel dan beberapa tokoh akan memberikan kata sambutan untuk memperingati hari yang penting ini.

Pada Oktober 1961, Presiden John F Kennedy mengesahkan UU Bantuan Luar Negeri tahun 1961 (1961 Foreign Assistance Act) yang merupakan cikal bakal USAID. Sebulan kemudian Presiden Kennedy mengangkat tim Direktur USAID yang pertama.

Kedubes AS, Rabu (28/9/2011) menyebutkan, limapuluh tahun kemudian, USAID telah memiliki perwakilan di lebih dari 80 negara di empat kawasan: Afrika Sub Sahara, Asia dan Timur Dekat, Amerika Latin dan Karibia, serta Eropa dan Eroasia.

Sejak 1950-an, USAID menjalin kemitraan dengan pemerintah dan rakyat Indonesia. Kerangka kerja sama antara AS dan Indonesia tertuang di dalam Kemitraan Komprehensif dan kemitraan tersebut mencakup bidang-bidang seperti peningkatan pendidikan, perdagangan dan investasi, hak asasi manusia, kerja sama energi dan keamanan, dan mengatasi perubahan iklim.

Walaupun Kemitraan Komprehensif merupakan hal yang baru, akan tetapi tidak demikian dengan bidang-bidang kerja sama tersebut. Sejak awal berada di Indonesia, USAID telah mendukung perekonomian, pembangunan, dan bantuan kemanusiaan di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com