Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Bawah Tanah Shanghai Bertabrakan

Kompas.com - 27/09/2011, 16:34 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Dua kereta api (KA) bawah tanah bertabrakan di Shanghai, China, Selasa (27/9/2011). Pihak perusahaan kereta api China mengatakan, kecelakaan itu melukai sekitar 40 penumpang.

Laman berita lokal melaporkan, kecelakaan itu akibat kesalahan sinyal. Foto-foto yang diunggah menunjukkan sejumlah penumpang berlumuran darah, ada yang terbaring di lantai dan terlihat tak sadarkan diri. Foto lainnya menunjukkan penumpang-penumpang yang terluka di kepala.

Sementara Shanghai TV melaporkan, lebih dari 100 penumpang dibawa ke rumah sakit. Namun kepastian jumlah korban hingga kini belum diketahui.

"Terjadi tabrakan di Jalur 10 metro karena kegagalan sinyal. Operasi antara stasiun Hongqiao dengan Tiantonglu dihentikan sementara. Polisi sudah dikerahkan ke lokasi untuk membantu proses evakuasi," demikian pernyataan perusahaan KA metro Shanghai dalam laman resmi mereka.

Namun perusahaan itu tidak menyebut adanya korban, sementara kantor berita Xinhua melaporkan, jumlah korban terluka hanya akan dirilis setelah semua penumpang dievakuasi dari gerbong.

Kecelakaan ini terjadi di saat China tengah berusaha mengembalikan kepercayaan publik pada sistem kereta api mereka. Pada Juli lalu, sebuah kereta api cepat mengalami kecelakaan di kota Wenzhou dan mengakibatkan 40 orang tewas.

Hasil penyelidikan kasus kecelakaan ini belum diungkap, namun para pejabat menuding sistem sinyal buatan dalam negeri menjadi penyebabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com