Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Pesepeda Sambut Perayaan Bike to Work Day

Kompas.com - 23/09/2011, 10:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka menyambut Bike to Work Day, sekitar 1.000 pesepeda dari komunitas Bike to Work melakukan gowes bersama dari Monas menuju kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga. Komunitas yang sudah mempunyai anggota sebanyak 30.000 orang di seluruh Indonesia ini disambut oleh perwakilan dari beberapa pejabat tinggi negara. Acara ini juga dilaksanakan serentak di 160 kota besar lainnya.

Ketua I Bike to Work Riva mengatakan, komunitas ini akan tetap mengampanyekan gerakan bersepeda karena menurut dia gerakan bersepeda ini begitu banyak manfaatnya.

"Selain bisa mengurangi kemacetan, bersepeda juga bisa mengurangi polusi di Jakarta, badan sehat. Yang jelas banyak manfaatnya. Makanya kami akan terus berkampaye untuk ini," katanya saat ditemui di kantor Menpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2011).

Riva mengatakan, perayaan ulang tahun ini juga sekaligus dijadikan kampanye agar masyarakat semakin menyadari arti penting bersepeda di kota-kota besar yang tingkat kemacetannya tinggi.

Dia sengaja memilih di waktu jam kerja, pagi ini dan sore nanti, agar para pengguna jalan di Jakarta tahu kalau ke kantor dengan sepeda selain sehat juga bisa mengurangi kemacetan.

Riva mengatakan, pihaknya juga meminta kepada pemerintah daerah agar membuat dan segera mengesahkan undang-undang yang memfasilitasi para pekerja yang pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda.

Kalau pembuatan jalur sepeda dirasa rumit, kata Reva, paling tidak pemda setempat bisa mengimbau agar perkantoran membuat parkiran untuk sepeda, sarana untuk mandi. Intinya memudahkan kami para pesepeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com