Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy Punya Mercedes-Benz "Hebat"

Kompas.com - 20/09/2011, 17:49 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Ternyata, Moammar Khadafy bukan cuma punya Fiat 500 listrik custom yang Agustus lalu dijarah oleh pemberontak Libya, mantan orang nomor satu di Libya itu juga punya Mercedes-Benz ML-Series "hebat" produksi 2008 seharga 3,5 juta euro atau Rp 43,1 miliar. Harga itu setara dengan 33 unit Toyota Crown Royal Saloon, mobil menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang per unit dibanderol sekitar Rp 1,3 miliar.

Mobil ini dibeli Khadafy atas persetujuan Nicolas Sarkozy saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Perancis dan didukung salah seorang staf kepala Claude Gueant pada 2007. Mobil ini memiliki kemampuan khusus karena dibekali teknologi canggih dari perusahaan asal Perancis, Amesys.

Mobil ini dijuluki "hebat" karena seluruh bodi dan kacanya antipeluru serta mampu memantulkan semua gelombang elektromagnet berjarak 91,4 meter di sekelilingnya. Berarti, kendaraan ini antiradar dan bisa mengelak dari bidikan senjata jarak jauh.

Sport utility vehicle (SUV) ini juga kebal dari gangguan medan listrik yang berasal dari sekelilingnya. Untuk memudahkan koordinasi, Khadafy juga meminta interior dilengkapi peralatan sistem komunikasi canggih.

Ironinya, Sarkozy yang menjabat Presiden Perancis saat ini justru menjadi orang yang memerintahkan tentaranya mengebom Libya dan mendukung pemberontak untuk menjatuhkan Rezim Khadafy. Sekarang, Khadafy bisa menggunakan mobil "hadiah" dari Sarkozy untuk kabur dengan aman, tanpa bisa dipantau oleh tentara Perancis. Menarik bukan?!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com