Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Hantam Penonton, Puluhan Luka

Kompas.com - 17/09/2011, 11:02 WIB

RENO, KOMPAS.com- Sebuah pesawat P-51 Mustang, yang dimodifikasi khusus untuk balapan, jatuh tepat ke area tempat duduk penonton dalam acara Kejuaraan Nasional Balapan Udara di Reno, Negara Bagian Nevada, AS, Jumat (16/9/2011) sore sekitar pukul 16.30 atau Sabtu pagi ini WIB.

Sedikitnya tiga orang tewas seketika dalam kecelakaan tersebut, dan korban dikhawatirkan akan bertambah mengingat 15 dari 56 korban terluka dalam kondisi kritis.

Saksi mata melaporkan, pecahan pesawat, asap, debu, darah, dan potongan tubuh manusia berserakan di sekitar titik jatuhnya pesawat. "Saya melihat bagian-bagian tubuh dan darah, rasanya seperti tak percaya. Ada potongan tangan dan kaki. Bahkan korban yang masih hidup pun (terlihat) kehilangan anggota tubuh," tutur Maureen Higgins, seorang penonton dari Alabama, yang duduk hanya sekitar 30 meter dari lokasi kecelakaan.

Higgins mengatakan, pesawat tersebut jatuh saat melakukan putaran ketiga dalam balapan yang digelar Jumat sore waktu setempat (Sabtu, 17/9/2011, pagi WIB).

Video rekaman kecelakaan yang diunggah di YouTube menunjukkan pesawat menukik dengan kecepatan tinggi dalam posisi hampir tegak lurus langsung ke arah kerumunan penonton yang duduk di depan tribun penonton utama.

Stephanie Kruse, juru bicara Otoritas Pelayanan Medis Darurat Regional di Reno, mengatakan, pihaknya melarikan 56 orang terluka dari lokasi kecelakaan. Dari jumlah tersebut, 15 orang dalam kondisi kritis, 13 orang menderita luka parah, dan 28 orang luka ringan.

Jumlah itu belum termasuk para korban yang dilarikan ke berbagai rumah sakit menggunakan kendaraan pribadi. Salah satu dari korban tewas adalah pilot pesawat tersebut, Jimmy Leeward, seorang pilot veteran berusia 75 tahun dari Ocala, Florida.

Pesawat Mustang yang ia piloti adalah bekas pesawat tempur era Perang Dunia II yang dimodifikasi khusus untuk bisa bermanuver dalam kecepatan mencapai 800 kilometer per jam. Pesawat, yang diberi nama "Galloping Ghost" itu sangat legendaris di dunia balapan pesawat udara di AS, dan telah mengikuti tak kurang dari 120 balapan sejak tahun 1946.

Acara Kejurnas Balapan Udara ini selalu menarik minat ribuan penonton setiap tahun. Acara yang digelar setiap bulan September ini menampilkan balapan pesawat udara berbagai jenis, termasuk pesawat-pesawat antik eks-Perang Dunia II.

Balapan pesawat ini berisiko tinggi, karena beberapa pesawat benar-benar beradu kecepatan dalam sebuah lintasan yang telah ditetapkan, seperti layaknya balapan mobil. Para peserta menerbangkan pesawatnya dengan kecepatan rata-rata 500 km per jam pada ketinggian hanya sekitar 15 meter di atas permukaan tanah pada beberapa bagian lintasan.

Kecelakaan sering terjadi dalam acara ini. Empat pilot tewas saat ambil bagian dalam balapan udara ini pada tahun 2007-2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com