Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Amerika Tak Surut Perangi Terorisme

Kompas.com - 11/09/2011, 11:19 WIB

SHANKSVILLE, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama berjanji bahwa AS tidak akan goyah sedikit pun dalam memerangi terorisme.

Hal yang sama disampaikan pendahulunya bahwa AS tidak akan pernah lupa pada tragedi 11 September dan para pahlawan yang membantu mempertahankan negara.

Peringatan 10 tahun tragedi mematikan itu hingga kini masih terpatri dalam ingatan kolektif masyarakat AS. Warga AS di seluruh negeri memberi penghormatan kepada mereka yang menjadi korban teroris pada 11 September.

Di New York dan Washington, misalnya, polisi meningkatkan keamanan dan kewaspadaan karena peringatan 10 tahun tragedi ini masih di bawah ancaman teror.

Kerabat para korban 11 September berkumpul di Shanksville, Pennsylvania, di mana mantan Presiden AS George W Bush dan Bill Clinton, serta Wapres AS Joe Biden memperingati korban pesawat United Airlines 93 yang dibajak teroris.

Bush memberi penghormatan kepada 40 penumpang dan kru pesawat yang membantu mencegah bencana lebih lanjut ketika teroris yang membajak pesawat itu berencana menabrakkan pesawat ke Gedung Capitol. Bush mengatakan, tragedi 11 September masih meninggalkan rasa sakit pada keluarga korban.

”Dalam rentang waktu satu dekade, tragedi 11 September dirasakan dalam era berbeda. Namun, bagi keluarga yang kehilangan orang-orang tercinta, beberapa di antaranya bergabung dengan kita di sini, 11 September tak pernah dapat dilupakan,” kata Bush.

”Peristiwa itu masih terasa sangat kuat dalam ingatan dan juga rasa sakitnya. Amerika berbagi kesedihan dengan Anda. Amerika Serikat tak akan pernah melupakan tragedi 11 September,” kata Bush.

Sejumlah peringatan 10 tahun peristiwa 11 September digelar di beberapa kota di AS pada hari Minggu  (11/9/2011) ini.

Hari Sabtu, Obama bertemu dengan tim keamanan nasional, meninjau upaya-upaya mengurangi ancaman teroris potensial.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com