Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Mesir Serbu Kedubes Israel

Kompas.com - 10/09/2011, 09:03 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Sebagian demonstran Mesir menerobos ke dalam bangunan yang menjadi tempat Kedutaan Besar Israel, Jumat (9/9/2011) malam.

Beberapa potong kertas terlihat dilemparkan dari jendela bangunan dan beterbangan di udara. Media massa resmi Mesir, MENA, melaporkan bahwa sebagian demonstran melemparkan dokumen "rahasia" dari satu kantor di kedutaan besar tersebut.

Pada Jumat malam, seorang demonstran menurunkan bendera Israel dari atas bangunan itu, setelah pemrotes lain merusak satu bagian tembok beton yang melindungi bangunan tersebut.

Demonstran juga membakar beberapa mobil polisi di daerah itu, saat polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan orang.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan Mesir Hesham Shiha, 163 orang cedera ketika demonstran merobohkan beberapa bagian tembok yang mengelilingi Kedutaan Besar Israel (Kedubes Israel). Ia menambahkan bahwa 100 orang dari mereka yang cedera mendapat perawatan di tempat kejadian.

Shiha mengatakan, 31 orang lagi cedera selama demonstrasi di Bundaran At-Tahrir di pusat ibu kota Mesir tersebut pada hari yang sama.

Puluhan ribu warga Mesir turun ke jalan pada Jumat guna menuntut pembaruan lebih besar. Beberapa ribu dari mereka berkumpul di luar Kedubes Israel di Kairo guna memprotes pembunuhan lima prajurit Mesir oleh pasukan Israel pada 18 Agustus di daerah perbatasan di antara kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com