Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan 10 Tahun Dipusatkan di New York

Kompas.com - 07/09/2011, 02:08 WIB

New York, Selasa - Amerika Serikat memperingati sepuluh tahun Tragedi 11 September, akhir pekan ini, dengan upacara yang akan dihadiri oleh Presiden Barack Obama dan pendahulunya, George W Bush. Peringatan dipusatkan di tempat Ground Zero, bekas lokasi menara kembar World Trade Center itu berada.

Peringatan ini menandai satu dekade kekhawatiran yang menginisiasi perang melawan teror, di dalam dan di luar AS. Setelah 10 tahun berlalu, peristiwa ini masih sulit dilupakan rakyat AS, terlihat dari jajak pendapat yang dilakukan pekan lalu. Sebanyak 97 responden mengingat dengan pasti di mana mereka berada saat tragedi ini terjadi, yang membuat peristiwa ini sejajar dengan tragedi penembakan Presiden John F Kennedy, 22 November 1963.

Selain di New York, ritual tahunan itu juga dilaksanakan di Pentagon dan di Shanksville, Pennsylvania. Puncak peringatan itu adalah pembacaan nama-nama korban di Ground Zero, yang dihadiri anggota keluarga korban, Obama, Bush, Wali Kota New York Michael Bloomberg, Gubernur New York, dan Gubernur New Jersey.

Pembacaan nama-nama korban berlangsung dengan latar belakang perkembangan progresif World Trade Center, yang dibangun kembali dari reruntuhan setelah ditabrak dua pesawat yang dibajak. Pada hari itu juga akan diresmikan monumen peringatan berupa dua air mancur besar yang dibangun di lokasi menara kembar.

Di belakang monumen tengah dibangun kompleks perkantoran baru, One World Trade Center, yang direncanakan setinggi 104 lantai dan akan jadi gedung tertinggi di AS. Kelahiran kembali wilayah lower Manhattan, tempat Ground Zero berada, memberi nada optimisme bagi rakyat AS untuk melangkah ke depan.

Peringatan 10 tahun ini juga ditandai sedikit kepuasan setelah dalang serangan itu, pendiri Al Qaeda, Osama bin Laden, tewas di Pakistan dalam sebuah serbuan dramatis oleh pasukan Seal dari Angkatan Laut AS, Mei lalu.

Selain ke New York, Obama juga akan mengunjungi Pentagon dan Pennsylvania, lokasi jatuhnya pesawat United Airlines bernomor penerbangan 93 yang jatuh ke sebuah lapangan, diduga setelah penumpang menyergap para pembajak.

Obama juga akan menghadiri konser antar-agama di Katedral Nasional Washington. Konser ini menampilkan penyanyi mezosopran Denyce Graves, penyanyi country Alan Jackson, dan diva R&B Patti LaBelle.

Tragedi 11 September menyebabkan 2.997 orang tewas. Sebagian besar korban, yaitu 2.753 orang, tewas di New York. Sebanyak 184 orang tewas di markas Departemen Pertahanan di Pentagon serta 40 lainnya adalah awak dan penumpang pesawat United Airlines 93 yang jatuh di Shanksville. Jumlah itu tak termasuk 19 pembajak. (AFP/DI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com