Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monyet Spesies Baru Ditemukan di Amazon

Kompas.com - 27/08/2011, 15:42 WIB

KOMPAS.com — Para peneliti menemukan spesies baru monyet dalam ekspedisi di pedalaman Hutan Amazon, Brasil.

Monyet spesies baru dari jenis monyet titi ini memiliki perbedaan pada warna penanda pada kepala dan ekornya. Penanda ini tidak ditemukan sebelumnya pada monyet lain di kelompoknya.

Laporan World Wildlife Fund (WWF) tanggal 26 Agustus 2011 menyebutkan belum memberikan nama identifikasi spesies bagi temuan itu.

Penemuan oleh ahli biologi, Julio Dalponte, ini mengambil tempat pada areal sekitar 950 kilometer antara Sungai Guariba dan Sungai Roosevelt. Kedua sungai ini berada di Brasil bagian utara atau wilayah Mato Grosso.

Sebelum ekspedisi ini, pengetahuan akan areal itu sangat minim. Selain temuan itu, mereka juga mengidentifikasi beberapa hewan hampir punah, seperti anteater raksasa, armadilo raksasa, otter raksasa, jaguar, dan ocelot.

Perjalanan ekspedisi itu juga mencatat keberadaan 48 mamalia berbeda, 208 spesies ikan, dan 313 spesies burung yang dua spesies di antaranya musiman.

Temuan-temuan ini semakin menguatkan pentingnya perlindungan hutan dari deforestasi dan perusakan akibat perambahan. Mato Grasso merupakan daerah dengan tingkat deforestasi tertinggi di Amazon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com